Yang Aku Tahu dengan Pasti

Yang Aku Tahu dengan Pasti: Apa yang Kita Tahu dari Kehidupan Ini?

Judul: Yang Aku Tahu dengan Pasti
Penulis: Oprah Winfrey
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-1585-0

Welcome 2019! Niat produktif tahun ini malah baca buku udah hampir seminggu gini belum kelar-kelar hiks. Makanya pas barusan kelar, rasanya legaaaa banget! Nggak tahu ya, padahal bukunya bagus lho. Meskipun memang sempat kepending, tapi pas saya ikutin, bahasannya bagus banget. Memotivasi.

Saya tahu Oprah Winfrey tentu saja dari talkshow beliau. Dulu ditayanginnya di Metro TV. Cuma karena saya hanya sering lihat sekelibat aja, alias nggak pernah ikutin, ya udah saya nggak tahu juga isi talkshownya tentang apa hehe. Cuma kalau banyak orang bilang sih, talkshownya sering memotivasi. Nah mirip sama buku yang akan saya review kali ini.

Yap, buku Yang Aku Tahu dengan Pasti yang berjudul asli What I Know for Sure ini adalah buku yang ditulis oleh Oprah Winfrey. Saya takjub dengan pesohor yang juga menulis buku. Rasanya apa ya, terlihat lebih cerdas aja sih. Menurut saya pertanda bahwa dia bisa menangkap sisi kehidupannya dengan cara yang pintar yaitu dengan menuliskannya. Ehm, berat banget bahasa gue haha.

Sejak awal buku ini berseliweran di diskon-diskonan toko buku, saya sudah mencoba menahan. Hingga akhirnya runtuhlah pertahanan saya karena KOK KAYAKNYA MENARIK BANGET BUKUNYAAA. Huhu aku lemaaah :((( But, saya sama sekali nggak nyesel kok. Karena emang bagus bukunya!

Sinopsis buku

“Kau mengucapkan terima kasih karena kau tahu bahwa tidak ada masalah yang diciptakan manusia yang bisa sebanding dengan Sang Pencipta dari segala sesuatu. Katakan terima kasih!” (hlm. 63)

Buku ini nggak jauh-jauh dari motivasi. Filosofi judulnya pun menarik. Jadi suatu ketika Oprah pernah ditanya oleh almarhum seorang kritikus film, “Apa yang kau tahu dengan pasti?” Bukan tentang film, melainkan yang dimaksud almarhum adalah tentang diri Oprah, kehidupannya, dan apa saja. Pokoknya segala hal yang Oprah tahu dengan pasti. Hingga akhirnya pertanyaan itu terbawa pikiran Oprah. Dan… jadilah buku ini, hehe.

Gampangnya, buku ini berisi cerita-cerita pengalaman diri Oprah dan mengandung motivasi tersirat. Seperti pengalaman pahitnya yang pernah mengandung di usia 14 tahun. Oprah tidak pernah menutup hatinya. Yang ia lakukan ia tetap beriman, penuh harapan, dan bersedia melihat yang terbaik pada diri orang, terlepas dari apakah mereka menunjukkan yang terburuk kepadanya (hlm. 131). Untuk mencapai fase itu tentu saja tidak mudah. Tapi hidup adalah perjalanan bukan, maka setiap perjalanan seperti yang juga dibilang Oprah dalam buku ini adalah, apakah kita mau belajar dalam setiap perjalanan itu? Masalah, ujian, kesedihan, kekecewaan, bahkan juga kebahagiaan.

Buku ini dibagi dalam 7 bab. Yang setiap babnya terdiri dari tulisan-tulisan pendek tanpa judul. Ya, jadi hanya dipisahkan oleh jarak saja. Satu bab memiliki cerita yang berbeda namun dengan tema yang sama.

Kekurangan dan kelebihan buku ini

Untuk buku non fiksi, buku ini tidak ada daftar isi. Dan menurut saya, ini sangat disayangkan sekali. Sebab kita akan kesulitan jika ingin mencari tulisan yang ingin kita baca lagi. Tapi untungnya sih, ada judul bab di sebelah kanan buku sehingga bisa sedikit memudahkan kalau ingin mencarinya.

Dan bahasa yang digunakan masih cenderung kaku untuk beberapa bagian. Tapi selebihnya, tetap mudah dipahami kok.

Bukunya tidak sampai 200 halaman. Sehingga isinya cukup padat tapi berisi.

Orang menderita bukan karena apa yang Tuhan lakukan, tapi karena apa yang kita lakukan dan apa yang tidak kita lakukan. (hlm. 180)

Layoutnya, saya suka. Di setiap bab ada ilustrasi daun di pinggir sebelah kiri. Dengan tulisan judul yang besar. Dan di bagian bawahnya terdapat kutipan-kutipan bagus dari orang-orang yang terkenal.

Salah satunya Maya Angelou, dalam bab Daya:

“Ketika kau tahu dengan lebih baik, kau bertindak dengan lebih baik.” – Maya Angelou (hlm. 157)

Apa yang kita tahu dengan pasti dari kehidupan ini?

Yang Aku Tahu dengan Pasti punya cerita-cerita yang menurut saya berkesan dan mengandung pesan kehidupan yang bermanfaat. Bentuknya cerita, tapi secara tidak langsung motivasi yang diberikan cukup kuat dan mengesankan. Kalau berpikir hidup Oprah Winfrey lurus, maka saya sarankan baca buku ini. Karena saya yakin, teman-teman akan terkejut betapa seorang Oprah Winfrey pernah melewati ujian hidup yang sulit.

Yang saya salut adalah bagaimana cara Oprah belajar dari setiap pengalaman dan ujian kehidupannya. Sehingga ia bisa menemukan hikmah dengan apa yang ia tahu pasti dari kehidupan ini.

Yang aku tahu dengan pasti, apa pun situasi Anda saat ini, Anda telah berperan besar dalam menciptakannya. (hlm. 92)

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.