Revive Your Heart: Buku yang Menyejukkan Hati

Revive Your Heart.delinabooks

Judul: Revive Your Heart
Penulis: Nouman Ali Khan
Penerbit: Mizania
Jumlah Halaman: 176 hlm.
ISBN: 978-602-418-175-8

Setiap kali membaca buku-buku Islami, hati saya terasa seperti disiram. Rasanya diri ini makin menjadi bodoh dan banyak dosa. Itulah yang membuat saya sampai saat ini menyukai buku-buku non fiksi terlebih genre Islami. Buku-buku ini yang paling banyak ada di rak saya. Sengaja memang saya simpan agar suatu saat bisa dibaca ulang.

Saya mengenal Ustaz Nouman Ali Khan awalnya dari Tumblr. Dengan berlangganan tulisan-tulisan beliau yang sudah diterjemahkan. Dan Masya Allah tulisannya selalu menyejukkan hati. Bahkan saya pernah menonton ceramahnya di kala beliau sedang santai membicarakan fenomena dimana banyak orang Islam justru saling salah menyalahkan. Merasa alirannya paling benar. Padahal, imam-imam terdahulu, untuk belajar butuh waktu yang tidak sebentar. Berpuluh-puluh tahun. Tapi kita sekarang? Subhanallah. Ah, sudahlah.

Yang saya suka dari beliau adalah, ceramah-ceramahnya selalu erat dikaitkan dengan Al-Qur’an. Penceramah lain mungkin juga iya. Tapi kelebihan beliau adalah beliau seorang CEO Bayyinah, yakni lembaga yang fokus pada kajian-kajian Al-Qur’an. Tertulis di biodata pada belakang bukunya:

Ustaz Nouman Ali Khan menarik perhatian komunitas Muslim karena tema dakwah yang dibawakannya menggunakan sudut pandang linguistik Al-Qur’an dengan pembahasan tema yang relevan dengan zaman ini. (hlm. 161)

Maka dari itu, saat tahu Mizan meluncurkan buku beliau yang satu ini, tanpa pikir panjang saya langsung tertarik! Dan seketika saya langsung ingin baca buku beliau yang lain ๐Ÿ˜

Sinopsis buku

Allah sama sekali tidak pernah mengabaikan hamba-Nya. Jadi, kita tidak boleh putus asa dengan Allah atau berpikir karena dosa-dosa kita, Allah berhenti mendengarkan kita. (hlm. 2)

Sesuai taglinenya, Revive Your Heart adalah Terapi Al-Qur’an untuk Menyejukkan Hati. Ayat-ayat di dalam Al-Qur’an dikupas secara detail sekali dalam buku ini. Bahkan dibahas kata per kata, agar orang-orang awam seperti kita bisa mudah memahami.

Sepemahaman saya yang pernah belajar bahasa Arab, bahasa Arab itu memang tidak mudah. Tapi penjelasan Ustaz Nouman sungguh dibuat sederhana sehingga kita bisa mudah mengambil intisari dari sebuah kata per kata yang ada di dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Ayat-ayat tadi dikupas lantas dikaitkan dengan sisi kehidupan manusia. Seperti surah Al-Syura [42]: 36 misalnya, yang berbunyi:

ููŽู…ูŽุง ุฃููˆุชููŠุชูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ููŽู…ูŽุชูŽุงุนู ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ูˆูŽุฃูŽุจู’ู‚ูŽู‰ ู„ูู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุจูู‘ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุชูŽูˆูŽูƒู‘ูŽู„ููˆู†ูŽ (ูฃูฆ)

Artinya: Apa pun (kenikmatan) yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup di dunia. Sedangkan apa (kenikmatan) yang ada di sisi Allah[4] lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakkal.

Ayat ini dibahas kata per kata, dijelaskan mengapa Allah menulis fa-matรขย รปtitum min syai’in fa-matรข al-hayรขt al dunyรข. Bukannya min syay’in, dan bukan syay’an, tapi syay’in. Ternyata semua kata ini ada makna terdalamnya. Dan Allah memang Maha Benar dengan segala firman-Nya, maka Allah sudah memantaskan segala sesuatunya termasuk apa yang difirmankan-Nya.

Awalnya mungkin kita akan bingung, tapi kalau baca sendiri setiap penjelasannya secara perlahan, insya Allah kita pasti bisa paham. Saya sendiri sampai sering menggumam, “Oh iya ya. Masya Allah. Ternyata begitu ya maksudnya.”

Semua permasalahan sudah terjawab solusinya dalam Al-Qur’an

Sudah berapa kali kita melihat Muslim mengutip ayat dalam Al-Qur’an dengan mata yang dipenuhi luapan amarah?
Biar kuberi tahu, itu tidak seperti Malaikat Jibril ketika mewahyukan Al-Qur’an kepada Muhammad SAW., bukan pula cara Nabi kita saat membacakan Al-Qur’an kepada pengikutnya. (hlm. 30)

Makanya, saya jadi merasa bodoh. Selama ini baca Al-Qur’an hanya sebatas baca secara lisan tanpa memperdalam maknanya. Padahal, kalau kita tahu betul maknanya, rasanya semua permasalahan sisi kehidupan sudah tertulis jelas dalam Al-Qur’an. Kita tahu itu, tapi mungkin kita masih belum bisa mendalaminya.

Pantas saja orang-orang yang benar-benar memahami Al-Qur’an hidupnya lebih tenang. Karena dia merasa bahwa semua solusi sudah Allah tunjukkan langsung di depan matanya.

Saya juga sering baca dan mendengar, jika ada masalah, coba ambil air wudhu, lalu ambil Al-Qur’an. Buka Al-Qur’an sambil tutup mata. Dan tunjuk dimana saja jari kita berhenti. Saat kita membuka mata, maka itulah jawaban dari solusi permasalahan kita. Saya sudah praktekkan ini dan seringkali benar. Masya Allah.

Kelebihan buku

Buku ini sebetulnya tulisan-tulisan ceramah dari Ustaz Nouman. Yang terbagi menjadi 5 bagian dan dibagi lagi dalam 13 bab. Bagian Terhubung dengan Allah melalui Doa, Menciptakan Komunitas Muslim yang Bersatu, Urusan Finansial Kita, Isu-isu Masa Kini, hingga sampai bab akhir, Berfokus pada Akhirat.

Terjemahan buku ini pun sangat mudah untuk dipahami. Tidak kaku dan jelas maknanya.

Yang saya suka lagi, di setiap akhir tulisan selalu ada doa-doa yang diselipkan. Misalnya pada halaman 150:

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla tak menjadikan kita manusia dunia melainkan manusia akhirat yang selama di dunia selalu bekerja membangun akhirat. (hlm. 150)

Selain itu juga pada akhir buku terdapat Glosarium dari kata-kata yang sekiranya perlu penjelasan. Tentu saja ini akan menambah kosakata kita ๐Ÿ˜

Buku terbaik yang menyejukkan hati

Yang jelas, ini salah satu buku terbaik yang saya baca sepanjang tahun 2018. So, saya sangat merekomendasikan buku ini. Walaupun tidak sampai 200 halaman, buku ini benar-benar padat, jelas, dan berisi. Dan yang terpenting adalah, buku ini bisa menjadi muhasabah bagi kita. Bahan introspeksi dalam memandang kehidupan dari segala sisinya.

Allah berfirman bahwa surga itu indah dan memesona, bayangkan seberapa indanya hal itu ketika Allah sendiri, Dzat Yang Maha Mengetahui, yang menyebutnya indah. (hlm. 136)

Iklan

2 pemikiran pada “Revive Your Heart: Buku yang Menyejukkan Hati

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.