The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde: Klasik Misteri-Psikologis

Processed with VSCO with  preset

Judul: The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde
Penulis: Robert Louis Stevenson
Penerbit: Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-04-8353-5

Bersyukur saya dapat kesempatan untuk kedua kalinya baca novel klasik terbaru yang diterbitkan di Elex Media. Buat saya, baca cerita-cerita klasik kayak gini ngingetin saya waktu SD saat dipinjamkan buku sama teman dengan cerita-cerita yang nyaris mirip dan ramah anak.

Tapi novel kali ini ditulis usia 15+. Saya rasa memang tepat sih, mengingat ceritanya ‘agak berat’ untuk dipahami di bawah umur 15.

Jika di novel sebelumnya The Wonderful Wizard of Oz ada Paman Henry yang jarang senyum, maka di novel kali The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde ada Mr. Utterson yang berparas keras dan tidak pernah dicerahkan oleh senyuman. Haha lucu juga sih, kenapa juga dua kali dapat novel yang tokohnya jarang senyum wkwk.

Sinopsis buku

Mr. Utterson gusar setelah mendengar cerita sahabatnya, Mr. Richard Enfield tentang seorang pria berperawakan kecil yang memiliki aura jahat. Pria itu menginjak seorang anak gadis dan tetap bersikap tenang.

Di suatu malam yang lain, seorang pria terbunuh dengan mengenaskan, seorang pelayan melihat pelakunya adalah seorang pria kecil yang ternyata bernama Mr. Hyde.

Mr. Utterson lantas teringat pada Dr. Jekyll, yang menuliskan surat wasiat yang berbunyi:

jika Henry Jekyll, meninggal, semua kepemilikannya akan diberikan kepada ‘teman dan menyokongnya, Edward Hyde’. Jika Dr. Jekyll ‘menghilang dan pergi tanpa penjelasan selama lebih dari tiga bulan’, Edward Hyde bisa langsung menempati posisi Henry Jekyll tanpa ditunda-tunda lagi dan bebas dari beban ataupun kewajiban, selain membayar sedikit untuk para pelayan di kediaman sang dokter. (hlm. 15)

Mr. Utterson pun memulai penyelidikkannya terhadap Mr. Hyde. Ia heran bagaimana mungkin Dr. Jekyll menulis surat wasiat untuk seorang pembunuh. Tapi Dr. Jekyll mengaku dirinya sudah memutus hubungan dengan buronan yang kejam itu. Sayangnya, jalan keluar buntu. Karena jiwa dan tubuh mereka adalah satu.

Isu kemanusiaan

Dari segi cerita, sebetulnya menarik karena mengangkat isu kemanusiaan yang punya dua sisi. Kebaikan dan kejahatan. Dr. Jekyll melakukan percobaan ilmiah dengan memisahkan kedua hal itu agar bisa berjalan sendirian tanpa saling tercampur.

semua manusia yang kita temui adalah perpaduan antara kebaikan dan kejahatan. (hlm. 113)

Dan bagaimana cara Dr Jekyll bekerja untuk memisahkan perbedaan itu, sangat menarik untuk diikuti.

Kekurangan buku

Sayangnya, narasinya terlalu panjang. Agak lama bagi saya untuk menyerapnya. Selain dasarnya karena kurang suka cerita misteri, terjemahannya pun terasa kaku. Entah karena dari cerita aslinya memang begitu, atau tidak. Tapi rasa-rasanya sih tidak, karena toh buku ini sudah pernah diterjemahkan juga sebelumnya. Cerita ini memang diterbitkan tahun 1886 yang ditulis oleh Robert Louis Stevenson.

Dan lagi-lagi novel klasik ini tidak ada ilustrasinya. Padahal kalau ada, pasti akan lebih mudah untuk penggambaran ceritanya 🙂

Overall, untuk yang suka dengan misteri, novel ini sangat cocok untuk dijadikan hiburan. Belum lagi dengan sisi psikologis yang dijelaskan, akan menambah pengetahuan kita.

betapa abstrak dan fananya tubuh yang terlihat kukuh yang kita miliki ini. (hlm. 108)

malapetaka dan beban hidup terikat selamanya di pundak manusia, dan saat kita berusaha melepasnya, semua itu akan kembali pada kita dengan kekuatan yang lebih ekstrem dan menakutkan. (hlm. 109)

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s