Di Pulau Harta: Persahabatan Memang Selalu Bagus untuk Anak-anak

Processed with VSCO with  preset

Judul: Di Pulau Harta
Penulis: Enid Blyton
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-26: Januari 2018
ISBN: 978-602-0321-295

Saya tuh ngerasa ketinggalan zaman banget banget banget karena baru baca karya Enid Blyton. Padahal udah banyak orang yang bilang buku-buku beliau buku bagus buat anak-anak. Nyatanya pas anak-anak dulu saya malah nggak tahu sama sekali *menyedihkan hiks.

Ya tapi finally saya bisa baca juga karya beliau. Dan saya menyetujui kalau buku beliau memang bagus buat anak-anak! Ceritanya memang ringan banget. Seperti namanya, Lima Sekawan, yang nggak jauh-jauh dari tema persahabatan.

Buku yang pertama saya baca ini kayaknya buku pertama dari semua seri. Sepertinya memang berurutan. Saya bersyukur sih bisa dapat seri pertama. Jadi tahu gimana cara perkenalan tokoh-tokohnya 😀

Sinopsis buku

“Menurut pendapatku orang yang suka berkata tidak benar, itu pengecut.” (hlm. 32)

Di Pulau Harta bercerita tentang kakak beradik Julian, Dick, dan Anne yang akan pergi berlibur sendiri di rumah pamannya di Kirrin. Ceritanya sih karena orang tua mereka mau pacaran *eh. Paman Quentin namanya. Rumah paman terletak di Kirrin, di pinggir laut.

Sampai sana Julian, Dick, dan Anne berkenalan dengan sepupu mereka yang bernama Georgina yang maunya hanya dipanggil George. Karena George memang ingin seperti anak laki-laki. George tidak ramah pada awalnya. Tapi karena keramahan Julian, Dick, dan Anne, George akhirnya menyukai mereka dan mau bersahabat dengan ketiganya.

George punya pulau kecil di Kirrin. Pulau Kirrin. Di sinilah petualangan mereka bermula. Perjalanan mereka ke Pulau Kirrin ternyata membawa mereka menemukan sebuah kapal yang terdampar di pinggir pulau. Sampai kemudian mereka menemukan sebuah peti di dalamnya. Dan tersimpan peta rahasia yang akan membawa mereka menuju harta yang melimpah. Bagaimana petualangan mereka untuk menemukan harta itu? Yaks, silakan baca sendiri hehe.

Petualangan yang seru dan karakter George yang kuat

Petualangan yang seru! Sejak awal cerita dengan setting teluk, laut, dan pulau rasanya saya sudah jatuh cinta. Ya saya memang suka laut. Terlebih digambarkan kalau rumah Paman Quentin benar-benar terletak di pinggir laut. Owh so awesome.

Ah ya, seperti yang saya bilang, Lima Sekawan ini tentang persahabatan. Lalu setelah Julian, Dick, Anne, dan George siapa lagi? Dialah Tim. Seekor anjing kesayangan George yang sangat setia pada George dan sahabat-sahabatnya.

Di sini saya suka banget dengan karakter George. Terlepas dari wajahnya yang tidak ramah di awal, ternyata dia anak yang manis dan punya pendirian kuat. Mungkin karena gambarannya dia ingin punya naluri seperti laki-laki yang tidak mudah menangis.

Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan sedikit ilustrasi. Saya suka dengan buku anak yang ada ilustrasinya hehe.

Kekurangan buku

Tapi sayangnya banyak typo huhu. Terutama kata “Masak” yang dalam konteks “Masak sih?” Tapi ditulisnya jadi masakan. Itu kan ambigu jadinya. Dan itu terjadi berulang-ulang huhu. Sayangnya punya saya cetakan terbaru, Januari 2018. Semoga kalau dicetak ulang bisa diperiksa lagi oleh editor masalah typo ini.

Persahabatan memang selalu cocok untuk anak

kesenangan yang dibagi dengan orang lain merupakan kenikmatan yang berlipat ganda. (hlm. 91)

Well, tema persahabatan memang paling cocok disuguhkan untuk anak-anak. Dan dalam buku ini anak-anak akan menemukan pesan bahwa bersahabat itu indah. Karena memiliki persahabatan, kita bisa saling berbagi kebahagiaan, kesedihan, termasuk berbagi masalah bersama-sama 🙂

“Banyak gunanya membicarakan persoalan yang dipikirkan dengan teman. Dengan begitu persoalannya tak terasa sangat gawat lagi. Rasanya menjadi biasa dan lebih bisa dipikul.” (hlm. 140)

Iklan

Satu respons untuk “Di Pulau Harta: Persahabatan Memang Selalu Bagus untuk Anak-anak

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.