E.R.A.S.E Therapy: Melepaskan Emosi dengan Cara Cepat

Processed with VSCO with  preset

Judul: E.R.A.S.E Therapy
Penulis: Adi Susanto, CCH. & Anthony Steven Hambali, CCH. CT.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Kedua: Agustus 2018
ISBN: 978-602-03-8298-2

Waktu itu saya mau nunjukkin salah satu wishlist buku ke suami di Instagram. Eh suami malah nggak sengaja lihat buku ini di akun IG @bukugpu. Dia langsung bilang, “Udah ini aja nih. Ini cocok nih.” Hadeh padahal saya niatnya beli buku yang lain dan sama sekali nggak pengen beli buku ini walaupun sempat tertarik *eh. Karena saya tahu buku ini bakal berat dalam pelaksanaannya 🙈 Tapi ya sudahlah kadung dipaksa *eh, ya saya mau aja. Haha dasar emang modus lu, De padahal seneng.

Sinopsis buku

Desain teknik E.R.A.S.E sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menjangkau sampai ke akar masalah. (hlm. 90)

Ya kan, apa saya bilang, membaca, memahami buku ini sebetulnya nggak cukup sekali. Karena buku-buku seperti ini akan lebih mantap kalau benar-benar kita hayati setiap tulisannya. Apalagi sesuai judulnya, E.R.A.S.E yang artinya Emotions Release And Awareness Ascension memang membahas emosi. Membahas bagaimana agar kita bisa merilis emosi dengan lebih baik dan meningkatkan kesadaran.

Apa maksudnya? Begini sederhananya, E.R.A.S.E ini adalah sebuah teknik terapi yang bisa membantu kita untuk memperbaiki emosi. Melepaskan emosi-emosi negatif yang ada dalam diri kita bahkan yang mungkin sudah kita pendam bertahun-tahun. Dengan begitu, kesadaran kita untuk hidup di masa sekarang menjadi lebih baik.

Bagaimana langkahnya? Ya baca sendiri dong hehe.

Emosi membutuhkan “ekspresi”. Ekspresi secara fisik maupun psikis. (hlm. 84)

Gambaran isi buku

Tidak hanya itu, di awal buku ini akan mengenalkan tentang seluk beluk isi dari otak manusia. Lalu emosi itu apa saja dan bagaimana cara kita bisa mendefinisikan sebuah emosi. Hingga menjelaskan cara kerja otak sampai bisa terbentuk sebuah emosi atau tindakan. Bahkan juga membahas masalah trauma dan pikiran.

Buku ini ditulis oleh dua orang, Pak Adi Susanto dan Pak Anthony S. H., yang dua-duanya merupakan ‘murid-murid’ dari Pak Adi W. Gunawan yang mana kita tahu bahwa Pak Adi ini adalah pakar teknologi pikiran yang terkemuka di Indonesia 😍 So, saya salut sekali dengan Pak Adi dan Pak Anthony yang juga menjadi terapis handal dan mampu menciptakan teknik E.R.A.S.E ini.

Manusia sejatinya merupakan sosok pembelajar. Belajar menjadi baik dan lebih baik lagi. (hlm. 110)

Ah ya, E.R.A.S.E Theraphy juga dilengkapi dengan quotes, ilustrasi pada bagian tertentu untuk memperjelas. Dan yang paling penting adalah testimoni dari orang-orang yang sudah merasakan manfaat langsung dari teknik E.R.A.S.E. Juga contoh-contoh dari para klien penulis agar pembaca lebih mudah dalam memahami.

Perubahan itu tergantung diri kita sendiri

Saya baru mempraktekkan sedikit teknik ini. Walaupun tidak sampai 200 halaman, tapi efeknya masya Allah, bikin saya nangis :’) Sudah lama saya nggak sesenggukkan saat baca buku haha. Rasanya segala masa lalu, masa-masa yang membuat saya stres, masa dimana saya pernah sedih, marah, kecewa, dan perasaan negatif lainnya keluar semua di ingatan saya. Dan saya akui, bahwa teknik ini masih harus saya dalami. Karena masih banyak rasanya yang ingin saya benahi :’)

Dan satu yang benar-benar saya garis bawahi, bahwa setiap perubahan itu adalah tergantung bagaimana diri kita sendiri. Apakah kita mau mengusahakan perubahan itu atau tidak. Apakah kita mau bersikap jujur bahwa kita ‘tidak sempurna’ atau tidak. Ya, karena pada dasarnya, kita adalah manusia biasa. Yang tentu saja tidak akan terlepas dari masalah :’)

setiap perubahan terjadi karena Anda yang menginginkan dan membuatnya terjadi. (hlm. 140)

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s