Hello Stress!: Buku Stres yang Nggak Bikin Stres

Hello Stress iPusnas (1)

Judul: Hello Stress!
Penulis: Meilani Haryono
Penerbit: Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-04-0108-9

Akhir-akhir ini saya lagi merasa stres banget. Bawaannya kesel dan marah-marah mulu huhu. Makanya setelah kemarin baca Hijrah Bang Tato, saya jadi berniat buat cari buku lain lagi di iPusnas yang membahas tentang stres. Dan ketemulah sama buku Hello Stress ini!

Buku ini amat sangat tipiiiis. Hanya 70 halaman saja di iPusnas. Bahkan dipenuhi ilustrasi pula. Jadi sudah tipis, penjelasannya pun nggak panjang. So, nggak nge-BT in deh buat dibaca.

Seringkali stres diciptakan sendiri oleh pikiranmu. Selain itu, bagaimana merespons sebuah stressor juga bergantung pada pikiranmu. (hlm. 40)

Sinopsis Buku

Jadi buku ini menjelaskan dari A-Z tentang stres. Tentang apa itu stres, bagaimana bisa stres, bagaimana cara mengolahnya, semua dipaparkan di sini. Pun dilengkapi dengan contoh orang-orang yang pernah stres dan cara mereka mengelola stresnya.

Jadi stres itu merupakan reaksi tubuh dan emosi yang terjadi sebagai respon dari suatu kejadian (stressor). (hlm. 10)

Stres itu pada dasarnya ada yang baik dan buruk. Tergantung bagaimana cara kita merespon stres tersebut. Yang setiap orang punya cara dan kemampuan yang berbeda dalam mengelola stres.

Sama halnya dengan stres.

Apabila kamu memikirkannya dalam waktu yang singkat, maka tidak akan ada masalah. Namun apabila kamu terus menerus memikirkannya, stres yang sama akan terasa semakin berat dan perlahan-lahan membuatmu tak bisa melakukan apapun. (hlm. 18)

Penjelasan yang mudah dipahami dan buku yang dibuat menarik

Hello Stress iPusnas (2)Semua penjelasannya singkat dan mudah dipahami. Tapi mungkin lebih bagus lagi kalau dibuat lebih detail. Dengan ditambah halamannya mungkin. Saya rasa kalaupun 200 halaman tapi penuh dengan ilustrasi begini, nggak akan ngebosenin. Yakin deh hehe.

Yap semestinya buku tentang stres dibikin begini. Full colour. Jadi yang baca pun nggak tambah stres 😀 Tapi bikin hidup lebih berwarna 😀 Pokoknya ini jadi buku tentang stres, tapi sangat ringan buat dibaca.

Setidaknya baca buku Hello Stress! bikin saya jadi dapat gambaran ke depannya mesti gimana. Sering-sering tarik nafas dengan hikmat. Tulis semua kekhawatiran lalu buang kertasnya. Tulis jurnal syukur atau hal-hal positif di buku agar bisa dibaca kapan pun sehingga bisa menambah rasa syukur kita.

Ketika tekanan itu datang, pejamkan mata, tarik napas panjang, lalu ingatlah akan satu hal yang membuatmu bahagia. (hlm. 5)

Oke, semoga setelah ini saya jadi nggak stres lagi 😀

 

Hello Stress iPusnas (3)

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.