Dear J: Kisah Cinta yang Manis Antara Jurnalis dan Selebritas

Dear J.delinabooks

Judul: Dear J
Penulis: Idea Fina
Penerbit: Ikon (Imprint Penerbit Serambi)
Cetakan I: Desember 2017
ISBN: 978-602-61440-5-8

“… cinta itu datangnya tiba-tiba dan bisa pergi tiba-tiba juga kalau kami terlambat menyadari.” (hlm. 86)

Katanya, perempuan di usia 25 belum nikah itu udah termasuk usia rawan. Kalau laki-laki rawan di usia 30. Itulah yang mempertemukan Jingga dan Rayyan.

Adik-adik dan keponakan Jingga khawatir, di usia sekarang, Jingga belum juga punya pacar. Demikian pula dengan ibu Rayyan. Beliau khawatir di usia 30, Rayyan belum menikah. Karena itulah adik-adik, keponakan Jingga dan ibu Rayyan mendaftarkan Jingga dan Rayyan ke situs onlinedating yang bernama makcomblang.com.

Terkadang hal-hal sederhana yang biasa terjadi setiap hari dapat menjadi sesuatu yang sangat dirindukan. (hlm. 172)

Siapa sangka, dari situs itulah Jingga dan Rayyan bertemu. Awalnya mereka hanya berkomunikasi lewat chat situs makcomblang.com. Sampai kemudian mereka bertukar nomor dan berkomunikasi lebih intens hingga keduanya merasa nyaman satu sama lain.

Sayangnya, kenyamanan itu mendapat berbagai ujian setelah mereka benar-benar bertemu.

-x-

Tadinya mau lebih panjang ngasih sinopsisnya. Cuma kayaknya kepanjangan haha. Jadi cukup segitu aja dan silakan penasaran dengan kelanjutannya 😆

Orion Series, selebritas, dan jurnalis

Dear J adalah salah satu cerita dari Orion Series. Dimana Orion ini adalah band yang cukup terkenal. Tokoh-tokohnya di antara lain ada Randi, Rayyan, Micky, Andra, dan Jovan. Yap, itu artinya Rayyan di novel Dear J adalah bagian dari Orion.

Rayyan Bintang Harsandi seorang vokalis dari Orion. Sedangkan Melody Senja (Jingga) adalah seorang jurnalis ekonomi. Profesi personil band dan jurnalis di sini sangat kuat diceritakan. Bagaimana kehidupan menjadi selebritas yang sangat terkenal. Dan pekerjaan dan dibalik layar seorang jurnalis. Dan ternyata, penulis,  Idea Fina sendiri adalah seorang jurnalis. Oh, pantas saja mengalir sekali ceritanya 😆

Kisah cinta yang manis

Dari segi cerita, cukup manis ya. Pertemuan Jingga dan Rayyan yang tidak sengaja, bagaimana mereka berkomunikasi layaknya orang yang sudah lama kenal. Sampai cerita-cerita selanjutnya yang semakin geregetan kalau nggak langsung dihabiskan saat itu juga. (Emang makanan?)

Kalau saya bilang sih, bukan kisah cinta yang menye-menye juga. Secara ya, tokoh utamanya aja udah kategori usia dewasa. Jadi cinta yang bisa dibilang cinta yang serius. Jadi menurut saya novel ini cocok banget buat usia 22 ke atas.

Mana kutipan-kutipan cintanya manis-manis lagi. Aduh beberapa bisa bikin saya melting. Kayak gini nih:

“Bagaimana mungkin perasaanku bisa berubah kalau jatuh cinta pada kamu adalah hal terbaik yang pernah aku lakukan?” (hlm. 228)

Sudah gitu, Rayyan yang memang passionnya di musik, suka menciptakan lagu. Dan dia menciptakan lagu untuk Jingga. Ciyee.

Melodi dari Jingga
Membuatku jatuh cinta
Melodi dari Jingga
Membuatku bahagia (hlm. 299)

Kehidupan nyata jurnalis

Saya paling suka suka bagian jurnalisnya. Maklum nggak jauh-jauh dari hobi saya yang nulis. Banyak cerita jurnalis yang membuat saya ber”ooh” ria.  Salah satunya tentang (kutipan)Oh begitu toh kehidupan jurnalis. Oh ternyata begitu ya seharusnya jurnalis. Salah satunya tentang ini nih:

Dalam menulis berita, seorang jurnalis memang diharuskan mengambil kesimpulan setelah mendapatkan sumber dari kedua belah pihak, pihak pro dan kontra – biasa juga disebut dengan istilah cover both sides. Bahkan kalau memang perlu, komentar dari pihak ketiga atau pengamat juga dapat dicantumkan. (hlm. 137)

Oh, saya jadi paham. Bahwa yang suka nyebar-nyebar berita hoax itu sesungguhnya tidak pantas disebut jurnalis. Sip.

Seorang perempuan dewasa yang amat peduli keluarga

Selain jurnalis, Jingga di sini digambarkan sebagai kakak dan tante yang amat peduli pada adik-adik dan keponakannya. Di sini saya kagum dengan sosok Jingga. Usia 25 untuknya, benar-benar menunjukkan sisi kedewasaannya. Setelah ditinggal orang tua, kakak dan kakak iparnya, Jinggalah yang menghidupi dan membiayai dua adiknya dan juga keponakannya.

Belajar bahasa Jerman

Kita juga bisa belajar bahasa Jerman di novel ini. Karena ada cerita tentang sahabat Jingga yaitu Nando, yang masih keturunan Jerman. Misalnya,

“Was mascht du (Ngapain).” (hlm. 148)

“Du bist sehr schon (Kamu sangat cantik).” (hlm. 149) Makasih.

Trus pas nyampe halaman 193, saya baru ngeh, kalau nama-nama di keluarga Jingga tuh segala yang ada di langit. Kayak Jingga sendiri nama aslinya Melody Senja, adiknya, Mentari dan Awan. Keponakannya, Langit. Kakaknya Surya. Haha, aduh kemana aja lu, De!

Kekurangan novel

Kekurangannya, ada beberapa kesalahan ketik nih.

Halaman 116, (di paragraf kedua) kata lagi. Seharusnya lagu.

Halaman 140, (di paragraf 8) kata teluntuk. Seharusnya telunjuk.

Halaman 229, (di paragraf 2) kata dengat. Seharusnya dengar.

Halaman 294, (di paragraf 2) kata membuatnya seharusnya cukup membuat saja. Karena kontennya, membuat hatinya patah. Kalau membuatnya hatinya patah terasa kurang efektif.

Halaman 294, (di paragraf 4) kata memandang ada dua kali. Seharusnya cukup sekali saja.

Lalu yang agak aneh adalah di halaman 288 diperkenalkan anaknya Randi, sementara di halaman 298, malah ada kalimat Randi baru menikah. Hehe, semoga sih ini saya yang salah paham aja ya.

Itu aja sih, nggak banyak kok memang. Dan tidak memengaruhi keseluruhan dari cerita 🙂

3 bintang!

So, aku beri 3 bintang untuk novel ini. Cukup menjadi bacaan santai yang rekomendasi untuk  yang merindukan jodoh *eh, dan untuk yang berniat melangkah serius *uhuk.

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.