Sang Alkemis: Memahami Hidup Lebih Dalam

Sang Alkemis.delinabooks

Judul: Sang Alkemis
Penulis: Paulo Coelho
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Kedua puluh dua: November 2017
Jumlah Halaman: 216 hlm.
ISBN: 978-602-03-2305-3

“Beginilah dusta terbesar itu: bahwa pada satu titik dalam hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita, dan hidup kita jadi dikendalikan oleh nasib. Demikianlah dusta terbesar itu.” (hlm. 28)

Buku ini sungguh banyak sekali quote bertebaran. Tapi sepertinya memang itulah ciri khas dari Paulo Coelho. Dan ya, itu juga yang membuat saya menyukai tulisan-tulisan beliau. Eh lebih tepatnya kutipan-kutipannya ding. Karena saya baru punya dua saja buku beliau. Yakni Selingkuh dan Sang Alkemis ini. Sedangkan kutipan-kutipannya sudah bertebaran dimana-mana.

Untuk buku Selingkuh bisa baca reviewnya di sini ya. Sekarang saya mau membicarakan Sang Alkemis atau berjudul asli The Alchemist. Walaupun buku ini sebenarnya tergolong lama, tapi tidak apa. Kan saya baru punya sekarang. Buku ini sangat bagus. Dan ehm saya akan memberikannya 4 bintang.

Ceritanya tentang seorang anak lelaki penggembala domba yang suatu hari bermimpi bertemu dengan seorang anak. Dalam mimpinya, anak itu memindahkan si penggembala domba ke Piramida-piramida Mesir. Lalu si anak berkata, ‘kalau kau datang kemari, kau akan menemukan harta karun.’ (hlm. 22). Sayangnya, ketika hendak ditunjukkan lokasi persisnya, si penggembala domba terbangun.

Si penggembala domba itu menceritakannya pada seorang perempuan yang bisa menafsirkan mimpinya. Dan perempuan itu pun menyuruh si penggembala domba pergi ke Piramida-piramida di Mesir itu untuk menemukan harta yang akan membuat si penggembala bisa kaya raya.

“Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya.” (hlm.33)

Dalam perjalanan menuju Mesir itulah si penggembala bertemu dengan banyak orang. Di antaranya laki-laki tua, pencuri yang akhirnya membawanya bertemu pada seorang pedagang kristal, orang Inggris, sampai Sang Alkemis yang selama ini dia cari. Dan Fatima tambatan hatinya.

Sang Alkemis sendiri berarti orang yang bisa menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Alkemis bisa mengubah batu kerikil menjadi emas, bahkan apa pun yang disentuhnya akan berubah menjadi sangat berharga. Sampah pun kalau disentuh sang Alkemis akan berubah menjadi emas. Salah satu ciptaan Alkemis adalah Stone Philosopher. – sumber: https://putriirvanna.wordpress.com/2008/08/02/alkemis-apaan-tuch/

Sang Alkemis ini yang menuntun si penggembala untuk lebih memahami hidup lebih dalam.

Kalau saya bilang, ceritanya sungguh manis. Tentang kesederhanaan, kekuatan pikiran, cita-cita, impian, dan kebijaksanaan. Dipenuhi dengan berbagai quote yang secara tidak langsung juga mengandung nasihat.

Di sini terdapat juga beragam ajaran agama salah satunya ialah Islam. Seperti yang terkutip di bawah ini:

“Nabi telah menurunkan Quran pada kami, dan menyatakan lima kewajiban yang mesti kami penuhi dalam hidup kami. Yang paling penting adalah hanya percaya pada satu Tuhan. Lain-lainnya adalah sembahyang lima kali sehari, berpuasa selama Ramadan, dan bermurah hati pada orang-orang miskin.” (hlm. 72)

Mungkin kalau kau suka dengan model buku-banyak-quote seperti ini, kuyakin kau akan menyukainya seperti saya *uhuk. Banyak hal yang sepertinya ingin disampaikan Paulo lewat buku ini. Ya balik lagi mungkin itu sebabnya buku ini penuh dengan nasihat.

“Kita takut kehilangan apa yang kita miliki, entah itu hidup kita, harta benda kita, atau pun tanah kita. Tapi rasa takut ini menguap begitu kita memahami bahwa kisah-kisah hidup kita dan sejarah di dunia ini ditulis oleh tangan yang sama.” (hlm. 101)

So, apakah kamu tertarik? Atau sudah pernah membacanya? Bagaimana kesanmu? 😀

Iklan

2 respons untuk ‘Sang Alkemis: Memahami Hidup Lebih Dalam

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s