Girl on Paper: Amazing Twist!

The girl on paper

Judul: The Girl on Paper (La Fille de Papier)
Penulis: Guillaume Musso
Penerjemah: Yudith Listriandri
Penerbit: Spring
Cetakan Pertama: September 2016
Jumlah Halaman: 448 hlm.
ISBN: 978-602-74322-4-6

pada akhirnya kehidupan nyata akan selalu menegaskan kemenangannya dari dunia imajinasi. (hlm. 370)

Tom Boyd, seorang penulis mengalami writers block akut saat diputuskan pacarnya yang seorang pianis, Aurore. Tak hanya itu, dia juga merusak dirinya dengan melarutkan diri dalam obat-obatan terlarang. Dia patah hati. Hidupnya pun menjadi tidak terurus.

Sementara itu, buku seri kedua dari Trilogi Des Anges yang ditulisnya mengalami salah cetak. 99.999 buku terpaksa harus dihancurkan. Saat itu, tiba-tiba muncul sesosok Billie yang mengaku sebagai tokoh fiksi yang jatuh dari bukunya.

Milo dan Carole, sahabat Tom pun tak tinggal diam. Mereka berusaha membuat Tom kembali seperti sedia kala. Dan mereka memulai perjalanan untuk mengembalikan Billie ke tempat asalnya.

-x-

Sungguh buku yang benar-benar menakjubkan! Baru kali ini kelambatan membaca saya tidak diimbangi dengan kebosanan. Yeah, lambat bukan karena tidak seru, tapi harus terpotong mengurus anak dan rumah tangga *ehkokcurcol. Oke, intinya saya sangat menikmati buku ini meskipun bacanya tidak dalam sekali duduk.

Awalnya saya benci Tom. Mengapa ia sebagai laki-laki sangat lemah. Patah hati membuatnya benar-benar terpuruk, sampai tidak mau menulis lagi bahkan rela menjeratkan diri ke dalam obat-obatan, fiewh. Tapi kehadiran Milo, Carole, dan Billie lah yang membuat saya jadi menikmatinya.

Hari ketika kau bisa menunjukkan kelemahanmu tanpa orang lain memanfaatkannya untuk menunjukkan kekuatannya adalah hari ketika kau dicintai – Cesare Pavese (hlm. 335)

Melihat bagaimana rasa persahabatan antara Milo, dan Carole terhadap Tom yang begitu mengagumkan. Mereka yang tidak rela melihat Tom terjatuh. Sampai merelakan diri melewati perjalanan panjang untuk menemukan sebuah buku yang belum dihancurkan demi mengembalikan Billie ke tempat asalnya. Rasanya sudah jarang persahabatan tulus macam ini *eh.

Sosok Billie yang konyol, menyebalkan, cerewet sepanjang perjalanan demi mengembalikan hubungan Tom dengan Aurore. Ya, mereka membuat sebuah perjanjian. Tom harus menulis lagi agar Billie kembali ke tempat asalnya, dan Billie berjanji akan membuat hubungan Tom dengan Aurore kembali seperti sebelumnya.

Apakah perjalanan mereka berhasil? Ah, di sinilah serunya. Perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, rintangan-rintangan yang harus mereka semua hadapi.

Ada lagi, yang membuat buku ini unik adalah pergantian sudut pandang. Dari POV ketiga, lanjut ke POV pertama. Seterusnya seperti itu. Awalnya terasa aneh, tapi lama-lama saya menikmatinya juga.

Yang kedua adalah lompatan setting waktu dan tempat. Meski dilompat-lompat, tapi tidak membuat pembaca bingung.

Yang ketiga tentang perubahan ukuran huruf (lihat gambar di bawah), awalnya saya kira Spring salah cetak, ternyata itu seperti di dalam sebuah film yang suaranya makin lama makin hilang. Maklum, di sini Billie digambarkan sangat cerewet. Jadi ketika dia berbicara dengan Tom, suaranya makin lama makin hilang di telinga Tom. Haha lucu juga ya, baru kali ini saya menemukan buku seperti ini.

Oke, overall saya mau kasih bintang 4. Buku ini cocok sekali untuk dijadikan novel hiburan. Bahkan untuk yang baru patah hati sekalipun *eh.

Aku ingin kau tahu apa keberanian sejati itu, bukan dengan membayangkan seorang laki-laki dengan senjata di tangan. Keberanian sejati adalah ketika kau tahu bahwa kau kalah sebelum kau memulainya, tapi kau tetap memulainya dan tetap bertindak, apa pun yang terjadi – Harper Lee (hlm. 358)

Iklan

2 thoughts on “Girl on Paper: Amazing Twist!

  1. waa.. aku juga baca iniiii.. Bagus deh, suka sama endingnya walau terkesan agak gak realistis sih ya, haa. kalaupun gak dijadiin twist, si perempuan tetap tokoh fiksi, aku tetap suka sih. Jadi intinya suka karena ceritanya gak biasa 🙂

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s