#AboutLove: Cinta yang Tepat

screenshot_2016-09-21-05-09-49-922_mam-reader-ijakarta

Judul: #AboutLove
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cover dan ilustrasi: Orkha Creative
Cetakan Ketiga: September 2015
ISBN: 978-602-03-1778-6
Jumlah Halaman: 128 hlm.
Baca versi ebook iJak

Kita tidak usah jadi pengendali udara, pengendali air, atau pengendali api. Kita cukup jadi pengendali hati. Itu sudah cukup sakti. (hlm. 1)

Seperti yang pernah saya bilang, salah satu alasan saya menyukai Tere Liye adalah lantaran beliau selalu memiliki nasihat yang bagus dalam setiap novelnya. Maka begitu pula dengan buku #AboutLove. Tapi tidak, buku ini bukanlah sebuah novel. Di dalamnya hanya terdapat kumpulan kutipan yang sepertinya memang sengaja diambil dari novel-novel Tere Liye sebelumnya.

Seperti judulnya, #AboutLove berisi kutipan-kutipan tentang cinta. Hmm saya selalu suka cara Tere Liye membahas cinta. Rasa-rasanya ia jarang atau bahkan tidak pernah (?) membahas cinta yang terlihat kotor. Tapi dengan caranya, Tere Liye seperti ingin memberi nasihat, bahwa cinta haruslah ditempatkan sebagaimana mestinya. Diungkapkan pada saat yang tepat. Bukan tergesa-gesa mengucapkan, namun sebetulnya kita belum siap menanggung komitmen.

Kitalah yang mengendalikan hati dan perasaan kita. Jangan dibalik, hidup kita yang dikendalikan hati dan perasaan. Bisa berbahaya. Dan lebih celaka lagi, kalau hidup kita dikendalikan seseorang yang bukan siapa-siapa, hanya karena kita menambatkan ilusi pengharapan/rindu padanya. (hlm. 17)

Identik dengan cinta, membuat novel-novel Tere Liye memang banyak digemari orang. Maka itu sebabnya, sebagian besar novelnya selalu laris manis dan berujung Best Seller. Wajar saja. Bagi penggemarnya, terutama saya, beliau selalu punya ciri khas sendiri. Bukan saja penuh dengan nasihat bijak, melainkan kalimat-kalimat filosofi yang terasa dalam maknanya.

Kesepian bukan alasan baik untuk jatuh cinta. Karena ketahuilah, banyak orang yang tetap merasa kesepian meski telah jatuh cinta. (hlm. 28)

Cinta adalah perbuatan. Kata-kata dan tulisan adalah omong kosong. (hlm. 37)

Karena isinya hanya berupa kutipan-kutipan, tentu saja isinya jadi pendek. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir. Karena kita akan dimanjakan dengan berbagai ilustrasi yang amat cantik nan menarik.

screenshot_2016-09-20-14-59-19-620_mam-reader-ijakarta

screenshot_2016-09-20-15-04-11-663_mam-reader-ijakarta

screenshot_2016-09-20-15-49-40-231_mam-reader-ijakarta

Ya, dan masih banyak ilustrasi lainnya.

Barangkali dua hal yang menjadi kekurangan buku ini adalah begiu tipis (untuk ukuran buku Tere Liye). Bahkan kalau saya tidak salah ingat, mungkin buku ini lebih tipis dari buku tipis sebelumnya yang berjudul Dikatakan atau Tidak, Itu Tetap Cinta yang berisi kumpulan puisi sederhana.

Saat pintu terlalu dibuka padahal belum saatnya, maka tunas-tunas perasaan tidak bisa dipangkas lagi. Semakin ditikam, dia tumbuh dua kali lipatnya. Semakin diinjak, helai daun barunya semakin banyak. (hlm. 82)

Kekurangan yang kedua, harga buku ini cukup mahal (setidaknya bagi saya pribadi hehe). Yakni dibandrol dengan harga 88 ribu rupiah. Harga yang lebih mahal dibanding novel-novel sebelumnya. Wajar sih, karena buku ini memang sangat full color. Kalau dari segi kertasnya, saya juga kurang tahu. Sebab saya membaca versi ebook di aplikasi iJak hehe :))

Jangan habiskan waktu memikirkan seseorang yang mungkin saja tidak pernah memikirkan kita. (hlm. 87)

Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menamatkan buku ini. 132 halaman seluruhnya, membuat saya sangat menikmatinya dalam beberapa jam. Serta bisa dijadikan hiburan dari penatnya keseharian. Namun meski demikian, saya tetap lebih menyukai Tere Liye dalam bentuk novel. Sebab dari novelnya, saya justru belajar lebih banyak meski hanya kisah-kisah fiksi.

Well, bagi kalian yang sedang mencari buku ringan, tentang cinta, juga menyegarkan mata. Maka buku full color ini cocok jadi penawarnya 🙂

Tidak ada yang lebih indah di dunia, selain mencintai dan dicintai oleh orang yang tepat 🙂 – Ade Delina Putri

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s