Mudahnya Masuk Surga bagi Wanita: Menjadi Wanita yang Dirindukan

PicsArt_02-19-10.15.35[1]

Judul: Mudahnya Masuk Surga bagi Wanita
Penulis: Nur Rokhim
Penerbit: Safirah
Cetakan Pertama: Agustus 2014
ISBN: 978-602-255-504-9

Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti) taman. Mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (QS. ar-Ra’d [13]: 35). (hlm. 10)

Setiap kehidupan pasti akan berakhir. Dan ujung muaranya ialah kehidupan di akhirat. Kehidupan akhirat ini memiliki dua pilihan. Surga dan neraka. Setiap orang pasti mendambakan akan menghuni surga. Surga yang digambarkan dengan tempat-tempat yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Tentunya, sungai yang penuh dengan keindahan dan kenikmatan. Selain itu, penghuni surga diberikan perhiasan-perhiasan dan gelang dari emas dan mutiara. Juga pakaian mereka terbuat dari sutra. (hlm. 11).

Terlebih bagi seorang wanita (istri dan ibu), yang telah Allah muliakan kedudukannya. Bagi mereka sangat mudah untuk masuk surga, demikian pula mudahnya masuk neraka sesuai sabda Rasulullah: “Aku melihat ke dalam surga, maka aku melihat kebanyakan penduduknya adalah fuqara (orang-orang fakir). Dan, aku melihat ke dalam neraka, maka aku menyaksikan kebanyakan penduduknya adalah wanita. (HR. Bukhari dan Muslim). (hlm. 12). Maka itulah isi dalam buku ini. Sesuai judulnya, Mudahnya Masuk Surga Bagi Wanita, maka penulis memberikan beberapa nasihat agar menjadi seorang istri dan ibu yang baik.

Nasihat-nasihat untuk menjadi seorang istri yang dirindukan surga di antaranya: beriman, bertakwa pada Allah SWT, menjadi pendamping suami yang baik, taat dan patuh pada suami, juga mencari keridhaan suami dan sebagainya. Seluruhnya ada 20 poin nasihat. Yang tentu saja masing-masing nasihatnya diberikan penjelasan yang disertai dengan ayat-ayat Al-Qur’an maupun hadits-hadits.

Rasulullah Saw menyebutkan bahwa ada tiga orang yang tidak akan pernah tersentuh api neraka. Pertama, perempuan (istri) yang taat kepada suaminya. Kedua, anak yang berbakti kepada orang tuanya. Ketiga, seorang hamba yang melaksanakan hak Allah Swt. dan hak tuannya. (hlm. 28)

Begitu pula nasihat untuk menjadi seorang ibu agar masuk surga, terdapat 16 poin yang di antaranya: Bertanggung jawab terhadap amanah Allah Swt (anak), merawat anak dengan kasih sayang, menanamkan ketauhidan dalam diri anak, menanamkan keimanan dalam diri anak, mendidik anak tentang akhlak-akhlak terpuji, dan 11 poin lainnya yang juga disertai penjelasan lengkap dan disertai dengan ayat-ayat Al-Qur’an juga hadits.

“Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara, mencintai nabimu, mencintai keluarganya, dan membaca Al-Qur’an.” (hlm. 126)

Ya, isi buku ini memang sangat ringkas. Hanya ada bagian pendahuluan, nasihat menjadi seorang istri dan ibu agar masuk surga serta penutup. Meski begitu, buku ini cukup memaparkan dengan jelas setiap poin-poin yang diberikan. Namun, saya tetap menyarankan agar pembaca tetap mencari referensi lain agar pengetahuan tentang menjadi istri dan ibu yang dirindukan surga semakin lengkap. Dan tentu saja yang berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadits.

“Dan, sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan, berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, ‘Innalillahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” (QS. Al-Baqarah [02]; 155-156). (hlm. 119)

Dengan ini, semoga kita sebagai wanita dapat belajar untuk menjadi istri dan ibu yang dirindukan surga, yang selalu dilimpahkan kekuatan dan kesabaran oleh Allah SWT 🙂

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s