Humortivasi: Bukan Sekedar Humor

Humortivasi.delinabooks

Judul: Humortivasi
Penulis: Isa Alamsyah
Ilustrasi Isi: Wasi Kendes, Dita Fitriani, Rosmala Al-Noer

Penerbit: Asma Nadia Publishing House
Cetakan Ketiga: November 2015
Jumlah Halaman: 224 hlm.
ISBN: 978-602-9055-35-1

Life is better when you’re laughing

Hidup jadi lebih baik ketika kamu tertawa. (hlm. vi)

Seorang ayah kesal ada anaknya yang selalu saja lupa membawa sesuatu ketika sekolah. Akhirnya, sang ayah memutuskan mengawasi sang anak sebelum berangkat sekolah. Ia memberi checklist pada sang anak, berisi daftar apa saja yang harus dibawa. Saat semua ditanya sudah siap atau belum, si anak menjawab sudah semua dan tidak ada yang terlupa. Namun begitu sampai di sekolah, si anak justru panik, ayahnya kemudian bertanya, “kenapa?” sang anak pun menjawab, “Tasnya ketinggalan di rumah.” (cerita hlm. 4)

Ada lagi kisah tentang mahasiswa yang sedang meneliti seorang pengemis tua yang selalu nongkrong di halte UI. Si mahasiswa bertanya apakah bapak pengemis itu sudah lama mengemis di sana. Si pengemis menjawab sudah 20 tahun lebih. Ia pun bercerita bahwa dengan mengemis cukup untuk membesarkan anak-anaknya lima orang. Bahkan pengemis mengakui anak-anaknya ada yang berada di ITB, IPB, UNJ, UI Salemba dan UI Depok. Sang mahasiswa pun kagum dengan keberhasilan pengemis tersebut dan tidak menyangka bahwa dari hasil mengemis si pengemis bisa mendidik dan menguliahkan anak-anaknya di universitas negeri. Saat si mahasiswa mengungkapkan kekagumannya, si pengemis justru bingung dan berkata, “Tidak, Dik. Anak-anak saya tidak ada yang kuliah, di sana mereka mengemis semua!” (cerita hlm. 145-146)

Itulah dua dari sekian banyak humor yang bertebaran dalam buku ini. Masih banyak humor-humor yang akan membuat kita tertawa atau bahkan terpingkal-pingkal. Beberapa humor diberi tanda bintang, yang berarti humor tersebut biasanya sudah beredar luas di masyarakat yang kemudian ditulis ulang oleh penulis dengan bahasa sendiri dan dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Apakah humor hanya akan membuat kita tertawa? Barangkali ya. Namun buku Humortivasi ini membawa suasana berbeda. Humor-humor yang ditawarkan tidak hanya lucu, namun setiap humor rupanya selalu memiliki sisi hikmah yang tersirat. Oleh sebabnya di setiap bagian akhir humor, diberi sebuah tulisan apa inti hikmah dari humor tersebut.

Seperti kisah pertama tentang si anak pelupa tadi. Hikmahnya adalah seringkali kita terjebak banyak detail, tapi malah lupa intinya. Terjerat masalah kecil, justru lupa gambaran besarnya. Terjebak pada caranya, lupa tujuannya. (hlm. 6)

Atau kisah si pengemis yang disangka mampu mendidik anak-anaknya kuliah di universitas negeri, kisah ini membuktikan bahwa si pengemis tersebut hanya membuat anaknya berkarir sebatas karir orang tuanya. Hal ini membuktikan bahwa seringkali orang tua terlalu ikut campur mengatur masa depan anaknya. (hlm. 146)

Humor di buku ini juga dibagi ke dalam bab-bab yang berbeda inti hikmahnya. Di antaranya Lupa Esensi, Asal Bicara atau Lebih Baik Diam?, Mudah Percaya, atau Pikir-pikir Dulu, Sombong, Gengsi, dan Egois, dan lain sebagainya yang semuanya terdiri dari 7 bab. Pada bagian akhirnya juga diberi sebuah catatan yang menyambung humor dan inti hikmah dari humor-humor tersebut. Maka dari itu tagline buku ini, Mengubah Dunia Melalui Tawa. Dari humor-humor yang ada dan beredar luas, nyatanya masih banyak manfaat yang bisa kita ambil. a

Di dalamnya juga terdapat beberapa ilustrasi yang lagi-lagi diambil dari karya yang sudah ada, lalu digambar ulang dan dimodifikasi sesuai kebutuhan oleh sang ilustrator. Sehingga menambah semarak suasana humor yang ditulis. Selain itu kelebihan buku ini adalah adanya terjemahan dalam setiap kutipan bahasa asing yang ditulis di setiap awal bab. Mengingat sudah jarang buku-buku saat ini memberi terjemahan tertutama bahasa Inggris. Padahal bisa saja pembaca tidak cukup mahir bahasa Inggris.

Hanya satu yang menjadi kekurangan, ialah masih adanya beberapa kesalahan penulisan yang sebagian besar terdapat kekurangan huruf. Namun jika kata memang sudah dimengerti, hal tersebut tidak cukup mengganggu secara keseluruhan.

Pada akhirnya, buku ini memang berbeda dari buku-buku humor kebanyakan. Humor yang diselingi dengan motivasi. Oleh sebabnya, mengapa buku ini diberi judul Humortivasi. Tidak hanya cocok sebagai hiburan, namun juga ada hikmah dan motivasi yang bisa dijadikan pelajaran kehidupan.

Laugh at your mistakes and learn from them…

Joke about your troubles and gather strength from them…

Have fun with the challenges you face and then conquer them…

Tertawalah atas kesalahanmu dan belajarlah darinya.

Buat lelucon atas masalahmu dan dapatkan kekuatan darinya.

Bersenang-senanglah dengan tantangan di hadapanmu dan taklukkan. (hlm. 174)

Iklan

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s