41 Fabel Penuntun Perilaku Anak Muslim

23203965
Goodreads

Judul: 41 Fabel Penuntun Perilaku Anak Muslim
Penulis: Widya Ross
Ilustrasi: Graceana
Penerbit: Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-02-4825-7
Baca versi ebook aplikasi iJak

Sudah dua jam Pak Huhuhaha Monyet berjalan, namun baksonya belum laku juga. Saat melewati jalanan curam, tiba-tiba saja… Gubrak! Gerobak bakso Pak Huhuhaha terlepas dari pegangan. Akibatnya gerobaknya meluncur dan menabrak batu. Untunglah saat Bu Nias Komodo lewat, Pak Huhuhaha dibantu mendirikan dan merapikan bakso dan tahu yang bertebaran. Namun tak disangka, Bu Nias justru memesan 100 mangkuk karena baksonya enak.

Bu Nesnes Gagak itu gampang marah. Sedikit saja ada yang tidak disenangi hatinya, ia akan mengomel panjang lebar. Seperti saat Pak Keledai tidak sengaja menabrak dirinya karena membawa beban berat, Bu Nesnes sangat marah sekali. Tapi saat tangannya mengenai Bu Rusa, dia tidak mau minta maaf. Sampai-sampai hewan-hewan di sekitarnya menonton dan sebal dengan tingkah Bu Nesnes.

Lain dengan Tinggo Jerapah. Hari ini adalah hari pertamanya bekerja sebagai badut. Ia sempat khawatir karena badannya menyamai tiang listrik. Dia tidak seperti badut kebanyakan. Diam-diam pemain drum yang melihatnya, mencibir Tinggo. Namun Tinggo tetap menghibur anak-anak hewan. Dan banyak anak-anak yang menyukainya.

-x-

Ingin menyampaikan kebaikan pada anak-anak dengan mudah? Ajaklah baca buku ini. Setiap anak pasti menyukai dongeng. Yang membedakan, dongeng-dongeng di dalam fabel ini mengandung pesan yang tersirat. Seperti kisah Bu Nias yang membantu Pak Huhuhaha tadi, tersimpan pesan dari sebuah hadits dan ayat dalam Al-Qur’an.

Hadis

“Rasulullah saw., pernah ditanya, pekerjaan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, pekerjaan yang terbaik adalah usaha seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perjualbelian yang dianggap baik.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Ayat Al-Qur’an

“… maka carilah rezeki di sisi Allah, kemudian beribadah dan bersyukurlah kepada Allah. Hanya kepada Allah kamu akan dikembalikan.” (QS. Al-Ankabut [28]:17) (hlm. 5)

Ya, 41 fabel ini akan menjelaskan perilaku-perilaku anak muslim. Setiap ceritanya tidak hanya perilaku baik saja, namun ada juga perilaku yang buruk. Maka cocok dibaca bersama orang tua. Agar orang tua bisa menjelaskan maksud ataupun pesan yang tersirat dari setiap cerita-ceritanya karena dilengkapi juga dengan hadits dan ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan cerita.

Kurang lengkap rasanya jika buku anak tanpa ilustrasi. Maka buku ini pun dilengkapi dengan ilustrasi full colour. Tentu saja pasti anak-anak sangat suka 🙂

Islamic Reading Challenge 2015

Iklan

One thought on “41 Fabel Penuntun Perilaku Anak Muslim

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s