63 Cara Agar Dicintai Allah dan Disayang Suami: Bekal Menjelang Rumah Tangga

63Judul: 63 Cara Agara Dicintai Allah dan Disayang Suami
Penulis: Nasukha Ibnu Thabari
Penerbit: Araska
Jumlah Halaman: 204 hlm.
Cetakan I: April 2015
ISBN: 978-602-300-122-4

Cintailah Tuhanmu jika ingin dicintai-Nya. Begitu juga dengan suamimu, cintailah ia karena ia adalah cermin bagimu. Cinta memiliki makna yang dalam, indah dan agung. Tidak ada kata-kata yang mampu melukiskan keindahan dan keagungan cinta. Cinta tidak dimusuhi agama dan tidak juga dilarang syariat. Cinta adalah unsur hati dan hanya Allah yang mengetahui hati hambanya. (hlm. 5)

Mahligai pernikahan, siapa yang tidak mendambakannya. Setelah sabar menanti jodoh, maka kedatangannya sudah pasti sangat membahagiakan. Namun bagi seorang perempuan yang kelak akan menjadi istri, ada baiknya mempelajari seluk beluk rumah tangga. Apalagi, seorang istri bisa dibilang tombak dalam rumah tangga.

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita (istri) yang shalehah.” (hlm. 114)

Tapi sebelum menjadi istri yang disayang suami, maka dicintai Allah lebih dulu adalah keniscayaannya. Bukankah jika Allah sudah cinta maka semua urusan akan dimudahkan? Maka buku ini memberikan 30 cara (petunjuk) agar dicintai Allah.  Diantaranya, mencintai Allah lebih dulu, mencintai nabi, shalat di awal waktu, berbuat baik kepada orang tua, dan sebagainya.

Caranya dengan bersikap proporsional dalam memandang dunia. Janganlah kita terlalu mengagung-agungkan harta benda sampai melupakan arti kehidupan yang sebenarnya. Dunia semestinya hanya dijadikan wasilah (perantara) untuk mendapatkan cinta Allah Ta’ala. (hlm. 17)

Barulah di bagian kedua dipaparkan 33 poin petunjuk agar istri disayang suami. Dimulai dari memahami arti janji suci pernikahan, landasan-landasan cinta dalam berumah tangga hingga perilaku-perilaku yang harus dilakukan seorang istri agar indah di mata suami.

Cinta itu bukanlah sesuatu yang pasif, akan tetapi aktif. Apabila seseorang berharap untuk menerima cinta (dicintai), maka semestinya dia harus siap untuk memberi cinta (mencintai) terlebih dahulu. Cinta hanya dapat terwujud jika ada dua orang yang aktif untuk saling mencintai dan dicintai. Dengan kata lain cinta itu memberi bukan menerima. (hlm. 112)

Dengan model poin-poin seperti ini juga dengan bahasan yang tidak terlalu panjang, buku 63 Cara Agar Dicintai Allah dan Disayang Suami menjadi mudah dipahami. Bahasa yang digunakan juga mudah dicerna. Dan teladan yang diambil langsung dari nabi dan para sahabatnya yang tentunya sudah tak diragukan. Hanya saja masih banyak bagian yang terdapat salah pengetikan. Semoga jika cetak ulang, semua kesalahan itu bisa diperbaiki.

Overall, bagi perempuan yang belum menikah, buku ini sangat cocok untuk dibaca. Tak hanya itu laki-laki juga bisa membacanya. Karena ada beberapa bagian dalam buku ini, yang juga mengajak para muslim untuk pula memahami kewajiban dan hak istri. Ah ya, buku ini juga sangat cocok untuk dijadikan mahar 😀 apalagi covernya juga sangat menarik 😀

Dengan kata lain, sebenarnya dalam sebuah pernikahan tidak ada lagi urusanmu atau urusanku, yang ada adalah urusan bersama. Sehingga semuanya dimaknai sebagai kepentingan bersama yang harus dijalankan dan diselesaikan bersama. Pernikahan seperti inilah yang akan diridhai Allah Ta’ala. (hlm. 152)

Islamic Reading Challenge 2015

Iklan

4 thoughts on “63 Cara Agar Dicintai Allah dan Disayang Suami: Bekal Menjelang Rumah Tangga

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s