[Opini Bareng: Hubungan dengan Pembaca] Kuatnya Pengaruh Hubungan

banner_opinibareng2015-300x187

Pernahkah kamu merasa sangat nyambung dengan sebuah cerita atau buku? Seolah kamu bisa relate dengan kisah si tokoh. Atau kamu membaca sebuah buku, tapi temanya bertentangan dengan moral pribadimu? Bagaimana jika sebuah buku begitu kontroversial, kamu nggak tahu bagaimana harus membuat review bukunya? Bagaimana kamu menyikapinya?

Sangat nyambung dengan sebuah cerita, cukup sering. Dibuat tertawa bahkan menangispun pernah. Seolah saya adalah tokohnya. Sampai-sampai ketika saya mulai sadar bahwa saya hanya sedang membaca, saya terkejut sendiri. Berasa saya baru saja keluar dari dunia khayalan dan kembali lagi ke dunia nyata *halah*.

Tema bertentangan dengan moral pribadi? Juga pernah. Tapi lebih ke moral agama sih saat itu. Kebetulan buku non fiksi, temanya juga sangat kekinian. Tapi untuk setuju pada isinya, 95% NO 🙂 Tidak usah dibahas apa tema dan bukunya. Sebab menurut saya itu cukup sensitif jika dipublikasikan. Sampai-sampai saya mengirim surat elektronik pada penulisnya, hanya karena rasa tidak puas dan ingin bertanya apa maksud-maksud dari tulisannya dan meminta penjelasan lebih rinci. Meski pada akhirnya, kening saya masih berkerut dan tidak cukup puas dengan penjelasannya 😀

Kontroversial sampai bingung reviewnya, ini sering. Bisa jadi karena buku itu terlalu bagus untuk saya, atau malah membingungkan buat saya a.k.a tidak bagus. Kalau buku terlalu bagus biasanya karena saya bingung harus membongkar apa dalam review saya, semuanya bagus dan rasanya ingin dibongkar tapi tidak mungkin kan haha. Kalau tidak bagus dan membuat saya bingung itu biasanya karena tidak ada rasa ketertarikan itu sendiri. Dan tidak ada yang ingin saya sampaikan tentang buku itu 😀

Hubungan dengan pembaca saya rasa memang harapan semua penulis. Dan menurut saya juga keberhasilan penulis bukan lagi tentang isi buku, melainkan ketika ia bisa membuat sebuah bacaan yang mampu membangun hubungan kuat dengan pembacanya. Ketika hubungan sudah kuat, sebuah buku akan sulit dilupakan 🙂

Iklan

4 thoughts on “[Opini Bareng: Hubungan dengan Pembaca] Kuatnya Pengaruh Hubungan

  1. Biasanya kalo aku ga merasa buku itu penting dibaca orang lain (karena kontroversinya keterlaluan), males juga bikin reviewnya, hehe

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s