Intertwine: Menguntai Takdir + GIVEAWAY

PicsArt_1427077152820

Judul: Intertwine
Penulis: FLOCK (Fei, Lia Indra Andriana, Orizuka, Clara Canceriana, KP Januwarsi)
Penyunting: Prisca Primasari
Cover Designer dan Ilustrator: COKROID
Proofreader: Yuli Yono
Penerbit: Haru
Cetakan pertama: Maret, 2015
Jumlah Halaman: 420 halaman
ISBN: 978-602-7742-49-9

Berawal dari sebuah bridal bernama Fairy Bridal, lima wanita menguntai benang kisahnya masing-masing.

The Right One – Orizuka Tamura menyuruh Jihan mencari sebuah gaun untuk pacar yang akan dinikahinya, Nia-chan. Sekalipun kesal karena keinginan tiba-tiba atasannya, Jihan tetap merasakan getaran setiap kali mengingat kata gaun pengantin. Yang terbenak pertama kali ialah Fairy Bridal. Sebuah bridal dekat kos dan kantornya yang selalu dipandanginya dari jauh.

Di antara sekian gaun pengantin, mata Jihan terpaku pada satu gaun. Saat ingin mengambilnya, tiba-tiba seorang pria bernama Arkan juga memegang gaun tersebut. Sontak mereka saling berebut. Madam M, sang pemilik bridal menyuruh Jihan untuk mencoba gaun itu terlebih dulu. Setelah mencobanya, Jihan justru merasa tak mau melepasnya.

“… Jangan terburu-buru. Menikahlah kalau waktunya sudah tepat.” (hlm. 64)

“Dan kapan tepatnya waktu yang tepat itu?” “Saat kamu menemukan orang yang tepat.” (hlm. 64)

Premonition – Fei

Tangan Naomi menyusuri gaun putih lengan panjang dengan model A-line yang jatuh sempurna di badannya, seakan memang dibuat khusus untuknya. (hlm. 101)

Naomi masih tidak mengerti mengapa Theo menyuruhnya datang dengan menggunakan gaun pengantin. Ia menduga Theo sedang membutuhkan partner untuk bersandiwara dalam kasusnya. Hal tersebut memang seringkali mereka lakukan dalam pekerjaan mereka sebagai detektif.

Namun yang didapat, Theo justru hanya sedang mengerjainya. Naomi marah. Ia merasa telah dipermalukan depan umum. Setelahnya, Naomi justru mendapat petunjuk bahwa Theo sedang dalam bahaya.

“… Kadang memang hanya dibutuhkan sebuah pemicu dan waktu yang tepat untuk akhirnya bisa mendapatkan sesuatu yang tepat.” (hlm. 100)

Princess Emma – Lia Indra Andriana  Satria yang selalu sibuk membuat Emma bulat untuk memutuskan hubungannya. Keputusan Emma tersebut justru membawa Emma pada dongeng yang menjadi impiannya sejak kecil. Ia selalu membayangkan dirinya menjadi sesosok putri raja yang kelak dilamar oleh seorang pangeran.

Seorang pria bernama Putra tiba-tiba muncul dari sebuah buku yang berisi ilustrasi yang dibuat Emma sendiri. Bagai sesosok pangeran yang sudah lama diimpikan, Putra berusaha mewujudkan segala impian Emma agar ia bahagia.

Tidak semua doa bisa terkabul. Tidak semua keinginan bisa terpenuhi. (hlm. 227)

Perfection – Clara Canceriana Evan, sesosok pria yang sempurna bagi Ralyn. Sebentar lagi ia akan menikah dengannya. Tapi mungkin ketulusan seseorang bisa dilihat ketika orang yang dicintainya dalam kesulitan. Ralyn divonis menderita penyakit yang tak pernah disangkanya. Sebuah penyakit yang mungkin membuat kakinya lumpuh.

Tapi bagi Joshua, dia justru menemukan sisi lain dari Ralyn. Sekalipun mungkin gadis itu tak lagi sempurna.

“Kenyataan pahit selalu ikut dalam hidup kita, apa pun caranya. Tinggal cara manusia itu, mau menghadapinya atau menghindar?” (hlm. 286)

“lo bisa milih nerima hidup lo dan berusaha untuk ketawa.” (hlm. 287)

Looking Through Rose-Tinted Memory – KP Januwarsi Tak ada yang tahu bahwa Fairy Bridal memiliki sejarah yang cukup mengenaskan. Kematian Katarina, kakak Meredith sang pemilik, yang juga menghantui salah satu karyawan Meredith, Nina.

Katarina menagih janji pada Nina yang akan membantunya. Setelah Katarina mewujudkan impian Nina untuk mampu mendesain gaun pengantin sendiri. Namun Nina tak mau, sebab ia tahu bahwa Katarina akan menyakiti orang yang dicintainya, Areal.

“Gue suka lo…” “Kalau begitu, itu cukup.” (hlm. 408)

-x-

Menarik ketika  sebuah gaun pengantin dikaitkan dengan kisah yang tak terduga. Dalam novelet ini juga dikatakan bahwa sebuah gaun selalu memiliki daya tarik berbeda bagi setiap orang.

Ketika kita menemukan ketertarikan lebih pada sebuah gaun, barangkali memang itu sebuah takdir yang mempertemukan kita dengannya.

Fairy Bridal menjadi tempat utama dalam lima cerita yang disuguhkan. Meski ceritanya sendiri tidak ada keterkaitan satu sama lain. Selain itu, alur cerita juga cepat namun tidak terburu-buru. Saya tetap bisa menikmati benang merah dari kisah lima wanita.

Wanita mana yang tak ingin pernikahannya berjalan sempurna. Terlebih dengan sebuah gaun yang membuat kita merasa telah menemukan ketepatan. Dan Intertwine, mengemasnya dengan indah. Sebuah novelet yang akan membawamu pada takdir lima wanita yang menguntai benang merahnya masing-masing.

“Dan kapan tepatnya waktu yang tepat itu?” “Saat kamu menemukan orang yang tepat.” (hlm. 64)

GIVEAWAY TIME!!!

Tertarik dengan novel Intertwine? Penasaran dan ingin membacanya? Penerbit Haru akan memberikannya GRATIS untuk DUA orang yang beruntung!!! Bertanda tangan kelima penulisnya juga lhoo 😀 Syaratnya mudah saja:

  1. Follow blog ini. Bisa juga via email.
  2. Follow @penerbitharu dan Like FP Penerbit Haru
  3. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar: Menurut kamu, apakah sebuah gaun pengantin itu ada kaitannya dengan takdir? Jelaskan alasannya juga ya 🙂
  4. Share giveaway ini di Twitter lalu mention @adedelinaputri dan @penerbitharu dan beri hashtag #GADBIntertwine. Atau share di facebook lalu mention Ade Delina Putri dan FP Penerbit Haru beri hashtag #GADBIntertwine.
  5. Jawab dengan format Nama, Akun Twitter /Facebook, Link share GA dan Jawaban.
  6. GA dibuka sampai tanggal 17 April 2015 pukul 23.59
  7. Pengumuman akan dilakukan pada tanggal 18 April 2015 lewat blog ini, Twitter dan Facebook saya. Jadi pantengin terus ya.

Oke, saya menanti jawaban-jawaban menarik dari kalian. Karena yang menarik itulah yang akan menang!! ^_^

100 Days of Asian Reads Challenge 2015

Iklan

19 thoughts on “Intertwine: Menguntai Takdir + GIVEAWAY

  1. Menurutku ya. Karena gaun pengantin itu menurutku membawa sesuatu yang magis dan membuat perempuan yang melihatnya juga ingin mengenakannya. Lagipula gaun pengantin itu kalau bukan bersama orang yang ditakdirkan, tidak akan pernah bisa kita pakai meskipun kita ingin 🙂

  2. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/583939442634698752

    Jawabanku, IYA.. Mungkin alasanku agak aneh, tapi yaa aku inilah aku ^_^))”> Menurutku iya, karena semua benda mati itu memiliki unsur kehidupan juga didalamnya.. Tak heran menurutku, jika cerita tentang bridal diatas seperti cerita hubungan magis yang terjalin antara wanita dan baju bridal yang dilihatnya.. Karena bak quotes “cinta dari mata turun ke hati”, begitu pula saat melihat gaun indah dan memesona “mata melihat dan langsung terasa getaran di hati karena merasa cocok untuk memakainya”..

    Kelak, jika tiba saatnya.. Aku pengen juga ngerasain takdir itu 🙂

  3. Nama : Dias Shinta Devi
    Twitter : @diasshinta
    link GA : https://twitter.com/DiasShinta/status/583990783784558592

    Jawaban :
    Selalu ADA keterkaitannya dengan takdir.
    Magisnya, sebuah gaun pengantin selalu memilih pemiliknya nanti. Benda tersebut akan menambatkan keindahannya yang tak tertandingi hanya pada seorang pemiliknya di masa mendatang. Walaupun banyak gaun pengantin yang akan tampak lebih indah, namun menemukan yang cocok, serasi, dan pas itu takkan ada yg menandinginya. Seolah ada ikatan batin di antara gaun tersebut dan pemiliknya… itu sebabnya para pengantin akan selalu tampil memesona dan lain dari biasanyaa… :))

  4. Nama: Akhfhin Rahardhiyanto
    Twitter: @afingleek
    Link share: https://twitter.com/afingleek/status/584070228700602368
    Jawaban: Aku secara pribadi sih bilang tidak ada hubungannya gaun pengantin sama takdir. Karena takdir siapa yang tahu sih sebenarnya. Aku sih percaya bahwa “we shape our own destiny other than what God has chosen for us” semua itu karena usaha masing-masing ajasih untuk membuat takdir yang sebaik mungkin bagi masing-masing, kalau misalnya ada contoh seorang pengantin yang di hari pernikahannya pakai gaun pengantin paling indah dan mahal atau paling murah kalau misalnya ujung-ujungnya memang ditakdirkan pernikahannya akan berujung pada perceraian yasudah itu berarti karena memang mereka tidak ditakdirkan untuk bersama, bisa karena mereka pasangan yang destruktif atau mereka menikahi orang yang tidak mereka sangka sebelumnya bukan karena gaun apa yang dipakai di saat pernikahannya

  5. (Mengikuti blog ini via email Fikriahazhari@gmail.com dan via WordPress)
    Nama : Fikriah Azhari
    Akun Twitter : @Lovaren_
    Facebook : Fikriah Azhari
    Link Share GA : https://twitter.com/Lovaren_/status/584157090484060160
    Pertanyaan : Menurut kamu, apakah sebuah gaun pengantin itu ada kaitannya dengan takdir? Jelaskan alasannya juga ya!
    Jawaban : Menurutku sendiri, semua hal di dunia ini adalah sebuah takdir. Jika takdir telah berbicara, maka apa yang bisa manusia lakukan? Kita hanya bisa mendengarkan takdir itu dan mengikutinya. Lalu, bagaimana dengan sebuah gaun pengantin? Nah malahan gaun pengantin adalah salah satu takdir terbesar, gaun pengantinlah nantinya yang akan menjadi salah satu saksi kehidupan baru pengantin yang menggunakannya. Gaun pengantinlah yang akan menjadi penambah kecantikan dan keindahan dari pengantin tersebut. Seorang calon pengantin nantinya akan ke Bridal untuk memilih sebuah gaun dan gaun pengantin yang menjadi takdirnya akan mengeluarkan daya tarik tersendiri agar calon pengantin tersebut tertarik dan memilik gaun tersebut. Dengan kata lain, gaun itu punya kekuatan ‘Magis’ bagi pengantin yang ditakdirkan untuknya 🙂

  6. Nama : Arfina Tiara Dewi
    Akun Twitter : @ipinkaramel
    Link share GA :https://twitter.com/IpinKaramel/status/584295967400136705

    ada kaitannya. gaun pengantin berarti berkaitan dengan pernikahan, pernikahan akan menuntun manusia pada takdir, bahkan pernikahan itu sendiri adalah takdir yang akan membawa manusia ke zona lain, ke zona dimana sudah punya ikatan dan tanggung jawab yang besar. gaun pengantin itu sendiri adalah sebuah simbol

  7. blog sudah kufollow lewat akun wordpress 🙂

    Nama: irnalasari
    Akun Twitter: @ftsongsh
    Link share GA: https://mobile.twitter.com/ftsongsh/status/584509496187289600?p=v
    Jawaban:
    iya, gaun pengantin itu berkaitan dengan takdir.. karena menurutku memilih gaun pengantin itu harus punya chemistry atau getarannya.. jika merasa cocok artinya ada takdir yang akan terukir saat kita memakainya. seandainya bukan baju pengantin “x” itu yang dipilih, apa mungkin aura kecantikan bisa terpancar? atau bisa saja jika tidak merasa cocok acara pernikahan tidak akan berjalan dengan menyenangkan karena si pengantin memikirkan gaun pengantin yang diidam-idamkannya itu. Pada akhirnya tergantung dari si pengantin itu sendiri yang memutuskan. jika baju pengantin baginya sangat penting, otomatis takdir akan berjalin dengan sendirinya.

  8. Apakah gaun pengantin ada kaitannya dengan takdir? Bagi saya tidak. Gaun pengantin pada akhirnya seperti pasangan, seperti sendal, seperti celana dalam, adalah sesuatu yang kita pilih sendiri, suka/tidak suka, bentuk/warnanya seperti apa, dan lain-lain dan lain-lain. Modelnya. Bahannya. Etcatera.

    Sementara takdir adalah sesuatu yang tidak bisa kita ubah dan tidak bisa kita pilih-pilih seenak jidat seperti misalnya kematian (well, manusia pasti mati kan?) kita lahir sebagai apa dan anak siapa kita tidak bisa memilih, ras/suku/bangsa/bahasa kita juga tidak bisa memilih. Tapi gaun pengantin? Come on. Itu kita tentukan sendiri. Seperti siapa yang kita nikahi. Itu kita tentukan sendiri.

    Larasestu Hadisumarinda
    @ecoriticismeve > https://twitter.com/ecocriticismeve/status/584577994347249664

  9. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    FB : Ken Duanolsatu
    Link Share : https://www.facebook.com/ken.duanolsatu/posts/677525292377000
    Follow Blog lewat WordPress (justsavemywords.wordpress.com)

    Q: Menurut kamu, apakah sebuah gaun pengantin itu ada kaitannya dengan takdir? Jelaskan alasannya juga ya

    A: Semua yang ada di dunia ini tidak lepas dari takdir Allah. Termasuk gaun pengantin, siapa yang bisa menebak kekuatan macam apa yang diletakkan Allah padanya? Gaun pengantin bisa saja akan mempertemukan kita dengan orang-orang baru. Gaun pengantin bisa saja akan menuntun kita pada jalan hidup yang baru–selain kehidupan setelah pernikahan itu sendiri. Bahkan mungkin gaun pengantin akan menunjukkan pada kita kenyataan-kenyataan pahit yang tidak pernah ingin kita tahu.
    Kita sudah sangat paham bahwa Allah suka memberikan kejutan dengan caraNYA yang unik 🙂 dan mungkin saja pada gaun pengantin itu, Allah menyampaikan rencanaNYA untuk kita 🙂 Jadi bagi saya, YA, gaun pengantin bisa saja berhubungan dengan takdir manusia.

  10. Nama: Dian Maya
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/585720710359822336

    Question:
    Menurut kamu, apakah sebuah gaun pengantin itu ada kaitannya dengan takdir?

    Answer:
    Ya nggaklah. Wedding dress has nothing to do with destiny.
    Mau model baju pengantinnya gimana mahal & hebohnya juga kalo kedua mempelai tidak saling mencintai & mempercai satu sama lain, pernihakan juga gak bakal langgeng. Jadi intinya, balik lagi ke individunya. Itu sih menurut saya ya. 😀

  11. Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa’diah
    Twitter: @asysyifaahs
    Link share: https://twitter.com/asysyifaahs/status/587026391444520961

    Aku nggak bisa bilang bahwa gaun pengantin itu selalu ada kaitannya dengan takdir. Between wedding dress and destiny, there’s a lot more reasonable thing than associate each other. Gaun pengantin ya gaun pengantin saja, dipakai ketika acara pernikahan berlangsung, menjadi baju yang dikenakan dalam acara resepsi, dll. Begitupun halnya dengan takdir, takdir itu adalah hal yang pasti akan dijalani dalam hidup–terlepas apakah takdirnya bisa diubah atau tidak.

    Tapi, kalau kita mempercayai gaun pengantin ada kaitannya dengan takdir, ya bisa saja hal tersebut benar-benar terjadi. Sama seperti sugesti, kita memandang sesuatu selalu berkaitan dengan hal lain, mempercayai dan meyakininya, hingga hal tersebut seperti apa yang kita bayangkan. Itu sugesti, menurutku.

    Sederhananya gini, sesuatu hal kadang dikait-kaitkan dengan hal lainnya hanya karena kita percaya bahwa kedua hal tersebut memang berhubungan dengan tali tak kasat mata. Ada benang tak terlihat yang menyatukan keduanya, meski kita sadar bahwa baik antara hal itu dan hal lainnya nggak ada hubungan sama sekali. Tapi, kalau kita menyadari hubungan tersebut, sadar nggak sadar kita sendiri yang mengaitkan keduanya.

    Sama seperti pertanyaan yang Kak Adel ajukan, tergantung bagaimana orang menganggap gaun pengantin tersebut apakah berhubungan atau tidak dengan takdir masa depannya kelak. Tapi toh, dunia ini terlalu nyata untuk hal-hal berbau magis (atau mistis) seperti itu. Ada banyak logika tersebar yang bisa menafsirkan hal tersebut.

    Well, semua orang punya pendapat dan pandangan masing-masing, kan?

  12. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Twitter: @anandanf07
    Facebook: Ananda Nur Fitriani
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/587714339877953536

    Of course. Kenapa? Karena aku percaya kalo semua yang terjadi di dunia ini udah direncanakan oleh Allah. Dan itu yang disebut takdir. Kalo kita bukan takdir nya buat ketemu sama gaun pengantin itu, ya ga akan ketemu. Atau kalo udah ketemu dan kita suka, tapi bukan takdir kita buat memakai gaun itu, pasti ada aja halangan yang ngebuat kita batal pakai baju pengantin itu. Mungkin orang lain ada yang mikir gini, ‘itu kan cuma hal kecil, ngapain juga udah ada ketentuan takdir nya’. Nah justru dari hal kecil itu bisa muncul hal hal yang besar. Bisa aja ternyata kita jadi akrab sama desaigner nya, lalu muncul hal hal lain yang tak terduga. Nah, walaupun dari hal kecil seperti itu kita akan merasakan efek yang besar. And who knows? Siapa yang tau? Allah itu perfect (not perfectionist), Allah bisa menyusun takdir takdir seperti itu dari hal yang kecil hingga besar. Seperti di novel ini, semuanya berhubungan dengan takdir. Jadi, aku percaya kalau gaun pengantin itu ada hubungan nya dengan takdir. Dan sekarang aku berharap, semoga takdir ku dapat mempunyai buku Intertwine ini 🙂

  13. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/587903427662909440

    Jawaban:
    Menurutku gaun pengantin tidak ada kaitannya dengan takdir. Gaun pengantin adalah sebuah nasib yang terjadi pada diri kita atas pilihan kita sendiri. Takdir itu sudah suratan dari Tuhan dan sudah tertulis sebelum kita lahir yang tidak dapat kita ubah seperti umur, rejeki, jodoh, dan maut. Selain 4 hal itu, bagiku tidak ada lagi hal yang termasuk kategori takdir.
    Seperti kataku tadi, gaun itu termasuk nasib yang terjadi atas pilihan kita sendiri. Ambil contohnya saja begini, anggaplah gaun itu adalah pekerjaan. Kita bisa pilih mau kerja di mana, mana yang gajinya besar, mana yang prospeknya bagus, mana aja yang pewe lah pokoknya. Begitu juga dengan gaun. Sebelum menikah, orang jarang beli gaun pengantin yang sudah jadi. Kebanyakan pesan/nempah dulu atau hanya sewa. Bagi yang membeli mau pun hanya menyewa, sebelum itu pastinya harus fitting dulu. Ketika fitting, sama saja ibarat dia sedang pilih kerjaan tadi. Mana yang pas di tubuh, mana yang desinnya bagus, mana yang nggak ribet, dsb. Kalau menilik kisah di atas, di mana Jihan langsung jatuh cinta pada gaun yang dilihat dan dikenakannya, kurasa itu cuma soal selera dan karena ia langsung menemukan gaun yang cocok dengan kemauannya. 😀
    Jadi, bagiku jelas itu tidak termasuk takdir dan beda dengan definisi takdir. Kalau takdir itu bersifat rahasia. Kita tidak tahu apa saja yang sudah digariskan Tuhan untuk kita. Seperti itu. 🙂

  14. Nama :Mila Rhmatunnisa
    Twitter : milehyaa
    Facebook : Kim Jin Hye

    Link Share GA
    Twiiter >> https://twitter.com/milehyaa/status/588489064887779328
    Facebook >> https://www.facebook.com/milahtunnisa.quetes

    Jawaban
    Menurut kamu, apakah sebuah gaun pengantin itu ada kaitannya dengan takdir? Jelaskan alasannya juga ya 🙂

    YA !! sangat erat kaitannya dengan takdir, karena kita tidak pernah tau takdir kita. Jodoh / pendamping hidup semuanya sudah di atur sama yang diatas. Jika kita memilih gaun pengantin dan sudah memakainya. Artinya itu adalah takdir kita untuk menikah . Ketika kita menyukai betapa cantiknya gaun pengantin itu. kita akan berfikir ini adalah jalan yang diberikan olehnnya untuk kita. Menikah bukanlah hal yang sepele, menyambung bukan hanya antara aku dan kamu tapi, juga keluarga aku dan kamu.

    “Memilih gaun pengantin yang cocok dengan hati kita,kita juga harus memilih pendamping hidup yang cocok pula” 🙂
    untuk apa kita hanya menyukai gaun pengantinnya saja tapi, tidak dengan orang yang kita persembahkan kecantikan gaun pengantin ini. DIA ya dia adalah orang yang di takdirkan untuk bersama kita. Dan, orang yang akan menjadi bagian dari hidup kita mungkin tanpannya kita tidak akan pernah bertemu bahkan mencoba gaun pengantin. Melihat betapa indahnya diri kita di cermin saat memakai gaun pengantin. Berkahayal, bahwa kita adalah ratu sehari di acara pernikahan kita 🙂

    Takdir yang tidak boleh kita salahkan dan takdir juga tidak boleh kita khianati. Percaya akan takdir Allah berarti kamu juga percaya akan kekuasaannya. Mempertemukanmu dengan gaun pengantin dan dengan orang yang akan menjadi pelengkap gaun pengantin itu 🙂

    Gaun pengantin adalah hal yang di kenakan oleh seorang wanita sekali seumur hidu ^^ jadi, takdir Allah manakah yang kau dustakan?. Jika memang saatnya tiba, aku yakin pasti suatu saat kita akan memakai takdir itu (Gaun pengantin). Hanya waktu yang bisa menjawabnya kapan dan dengan siapa kita memakainya?

    itu pendapat aku kak ^^
    Terimakasih 🙂

    #GADBIntertwine

  15. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link Share GA: https://twitter.com/dust_pain/status/589007114929975296

    jawaban: bisa iya, bisa juga gak. tergantung kita menyikapinya. tapi, untukku sendiri sih bisa saja gaun pengantin berkaitan dengan takdir. pada dasarnya, semua peristiwa yang terjadi dalam hidup kita memiliki maknanya sendiri. sebagai manusia, kita gak tahu apa rencana Tuhan lewat rangkaian kejadian dalam hidup kita. mungkin kita gak menyadarinya, tapi rangkaian peristiwa itu pasti berujung pada sesuatu. yah, misalnya saja gaun pengantin ini. seperti yang kita ketahui, gaun pengantin dipakai sekali saja di hari pernikahan oleh mempelai wanita. bisa saja dibilang ini gak ada hubungannya dengan takdir. tapi, tetap harus diingat untuk mendapatkan gaun pengantin tersebut, ada peristiwa2 yang mengawalinya. pertemuan dengan mempelai laki-laki, pertunangan, pertemuan antara dua keluarga besar, dll. setelah dipakai pun, gaun pengantin ini tetap memiliki andil dalam kisah dua pasangan tersebut, terutama untuk mempelai wanita. kenapa aku berkata begitu? karena sensasi memakai gaun pengantin akan selalu diingat oleh mempelai wanita. dan itu akan membuatnya ingat akan sakralnya upacara pernikahan itu sendiri. saat itulah, ketika sebuah bahtera rumah tangga diuji, gaun pengantin yang andilnya secuil itu mungkin bisa menyelamatkan rumah tangga yang goyah. ya, tentu saja ada faktor lain yang memengaruhi sebuah keutuhan rumah tangga. tapi, terlepas dari itu, aku masih yakin peristiwa sekecil apapun itu, pasti berkaitan dengan sesuatu yang pada akhirnya bisa kita sebut sebagai takdir 🙂

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s