Be a Great Muslimah: Syar’i, Berprestasi, Menginspirasi

PicsArt_1425963407797

Judul: Be a Great Muslimah
Penulis: Febrianti Almeera @pewski
Penerbit: Mizania
Cetakan I: Februari, 2013
ISBN: 978-602-9255-42-3

Life triangle: Allah-Me-Others. Tiga fokus inilah yang menjadi kunci utama orang-orang yang memiliki pencapaian luar biasa. Itulah mengapa, value dari seoramh Great Muslimah adalah syar’i (connected to Allah), berprestasi (connected to me), dan menginspirasi (connected to the others). (hlm. xx)

Rugi rasanya jika di dunia kita tak menjadi apa-apa atau justru merugikan orang lain. Inilah yang digagas Febrianti Almeera untuk mendirikan komunitas Great Muslimah. Yakni mengajak muslimah untuk bangkit berhijrah menuju ke arah yang lebih baik dan kukuh di jalan Allah SWT.

Yakinilah keberadaan-Nya. Sebab meyakini keberadaan-Nya akan membuat kita semakin mengenal hakikat sebuah kehidupan, yang hanya kita jadikan pijakan sementara, hanya sekedar tempat persinggahan. Ada kehidupan yang lebih kekal, yaitu akhirat, yang sering kali terabaikan oleh kita entah sadar ataupun tidak. (hlm. 4)

Terdapat lima bagian yang berurutan dan saling terkait:

Closer to Allah

Penciptaan manusia di muka bumi tak lain hanyalah untuk beribadah pada Allah SWT, sesuai firman-Nya yang terkandung dalam surah Az-Zariyat ayat 56 “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku..” Maka penting bagi kita untuk lebih dulu mengenal dan meyakini keberadaan-Nya.

Kepercayaan terhadap ayat-ayat Allah hanya bisa menguat bila kita meyakini keberadaan-Nya. Kekuatan, kebaikan, kemampuan, hasil karya, kontribusi, dan berbagai pencapaian diri kita, semua bersumber dari Ia Yang Mahakuasa, Maha Segalanya. (hlm. 5)

Berawal dengan meyakini, lalu memahami ketentuan dan menyadari petunjuk-Nya. Memaknai setiap perintah dan larangan-Nya serta meluruskan niat karena Allah. Hingga kita bisa menabung saham menuju jannah-Nya kelak.

Secret Mission

Setiap manusia pada dasarnya memiliki potensi. Hanya saja kita juga harus bergerak untuk menggali potensi itu sendiri. Kemudian meyakini dan memaksimalkannya.

Kita adalah makhluk Allah yang diciptakan-Nya dengan penuh kesempurnaan, Kita dikaruniakan akal pikiran yang tidak Allah berikan kepada makhluk-Nya yang lain. Sebab itu pulalah kita dikaruniakan sebuah misi besar. Ya, misi yang sangat besar. Misi melestarikan kebaikan di muka bumi. Misi yang baru akan berakhir ketika masa kehidupan kita sudah mencapai batasnya. (hlm. 47)

Grow then Glow

Ibarat pohon yang harus diberi bibit terbaik, maka manusiapun pada dasarnya sama. Bukankah tidak ada pohon yang bisa tumbuh jika bibitnya buruk?

  • Apakah bibit itu? Ya, potensi tadilah bibit terbaik kita.
  • Menumbuhkannya dengan berada di tempat yang terbaik.
  • Memberi nutrisi yakni ilmu pengetahuan serta wawasan agar pemahaman kita lebih mendalam.
  • Perawatan. Tumbang pohon jika setelah tumbuh lalu dibiarkan begitu saja. Maka kitapun hendaknya selalu merawat bibit terbaik kita. Salah satunya bisa dengan memiliki mentor sesuai minat kita.
  • Serta pestisida terbaik. Jika bibit, tumbuh, nutrisi, perawatan sudah dilakukan, maka memberi pestisida alias mengokohkan prinsip diri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.

Go Extra Miles

Bagaikan sebuah pertandingan lari, kita tidak pernah tahu apakah kita akan menang atau kalah. Tapi semua itu bisa kita upayakan. Kita bisa menetapkan garis finish alias target, mulai menentukan garis start dan mulai menempuh setiap perjalanannya. Tentunya dengan disertai do’a agar hasil lebih maksimal.

Kita adalah pelari utama.
Peserta lainnya adalah rival.
Garis start adalah langkah awal.
Garis finish adalah tujuan akhir.
Track lari adalah gambaran perjalanan hidup.
Halang rintang adalah berbagai hambatan hidup.
Timer adalah batas waktu kehidupan.
Kemenangan dan kekalahan adalah dampak dari segala upaya.
Dan semuanya diatur oleh tata tertib layaknya ketentuan dari-Nya mengatur kehidupan. (hlm. 110)

 Be a Great Muslimah

Bila Allah telah kita kenali, potensi sudah digali dan dikembangkan serta tujuan telah kita tetapkan, maka in sya Allah jadilah kita great muslimah. Tentunya dengan berlandaskan tiga pokok utama seperti yang sudah dikemukakan di awal, syar’i, berprestasi dan menginspirasi.

Syar’i dalam segala hal, berprestasi dalam segala bidang serta bisa menginspirasi orang-orang sekitar kita.

“Wahai Muslimah… bila benar ingin berubah, haruslah siap berbenah, siap pula diuji masalah, sebab untuk akhir yang indah, tentu tidaklah mudah. Berharaplah hanya kepada Allah.” – Febrianti Almeera (hlm. 150)

Setiap bab di dalamnya, dilengkapi juga dengan kisah nyata dari penulis yang sudah dialaminya. Serta bonus CD yang berisi lagu-lagu positif yang sangat menyentuh dan menginspirasi bila didengar. Psst liriknya ada di bukunya juga 🙂

Bagaimana, siap menjadi Great Muslimah? 🙂

Islamic Reading Challenge 2015

Nonfiction Reading Challenge 2015

Yuk, Baca Buku Non Fiksi 2015

100 Days of Asian Reads Challenge 2015

Iklan

5 thoughts on “Be a Great Muslimah: Syar’i, Berprestasi, Menginspirasi

Thank you for not comment out of topic

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s