[Opini Bareng: Karakter Tokoh Utama] Jangan Sempurna

banner_opinibareng2015-300x187

Setiap baca buku fiksi – entah apapun itu, saya pasti selalu berharap dijadikan film atau paling tidak ya FTV lah. Karena buat saya penggambaran karakter masing-masing tokohnya akan lebih jelas kalau dibuktikan juga dengan cerita secara visual. Meski seringkali dibuat kecewa, karena kebanyakan film diluar ekspektasi saya. Apalagi kalau tokoh utama yang memerankan dirasa kurang pas. And then, jadi selalu beranggapan bahwa buku tetap lebih bagus dibanding film hmm. 

Bicara soal karakter tokoh utama, saya paling tidak suka jika tokoh diciptakan sangat sempurna. Meskipun itu dalam cerita, rasanya tidak bisa masuk logika jika ada manusia sempurna. Tapi untungnya sih jarang baca yang seperti ini eh atau memang tidak ada (?) Masing-masing tokoh yang saya baca tetap memiliki kekurangan disamping kelebihan-kelebihannya. Seperti Yoo Chae dan Yoon Pyo dalam Cheeky Romance. Karakter Yoo Chae mudah ceroboh, tapi ia tidak pantang menyerah dan Yoon Pyo yang selalu perhatian, tapi memiliki sifat tidak sabaran. Ada lagi Gurutta Ahmad Karaeng di Rindu – Tere Liye. Beliau selalu bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan padanya, namun tidak mampu menjawab pertanyaannya sendiri. Seperti seorang motivator yang justru lemah pada diri sendiri.

Tapi ada pula yang nyaris sempurna dan membuat saya membayangkan jika di dunia nyata ada, saya ingin sekali bersahabat dengannya. Seperti Amy di novel People Like Us terbitan Haru. Di sana diceritakan sekalipun Amy memiliki tubuh yang serba standar bahkan temannyapun tak banyak, tapi Amy cukup dewasa, pandai menulis dan banyak yang menyukai tulisannya. Dan lagi dia tidak pernah mengeluh soal penyakitnya bahkan seperti orang yang tidak takut akan kematian, justru orang-orang di sekitarnyalah yang takut Amy meninggalkan mereka. Kalau di dunia nyata ada seorang Amy, saya membayangkan dia berwajah manis, karakternya lembut dan tidak ceroboh dan selalu bisa membuat orang-orang di sekitarnya tersenyum. Ough. Kalau dibuat film kira-kira seperti Maudy Ayunda kali ya 😀

maudy_ayunda_7
credit: google

Well, seharusnya karakter tokoh memang seperti itu. Justru orang akan bertanya jika seandainya sang tokoh memiliki semua sifat baik dan paras cantik/tampan serta bentuk tubuh sempurna dari yang semua manusia idamkan. Saya juga akan merasa tidak respect terutama dengan penulisnya itu sendiri 😀 Menurutmu bagaimana? 😀

8 thoughts on “[Opini Bareng: Karakter Tokoh Utama] Jangan Sempurna

  1. Hai ade, salam kenal, eh udah kenal yah di bajai.
    Setuju bgt aku gak suka karakter yg terlalu sempurna, karena jatuhnya tidak realistis dan membosankan, contoh Edward Cullen. Eh kamu buka Twihard kan??

  2. betul sekali. kalo semuanya udah (terasa) sempurna, terus apa yang menarik dari cerita itu coba? jangankan tokoh. paling2 judul bukunya saya enggak bakal ingat lagi.. x)

  3. etapi kalau si karakter utama yang sempurna itu ada di dunia nyata tak apalah, hahaha, *kena tabok*

    Btw, aku juga belum pernah menemukan karakter utama yang sempurna meskipun aku sudah baca Twilight sampai tamat (karena menurutku Edward Cullen juga tidak sempurna). Tapi benar memang kalau Edward Cullen kesempurnaannya hampir 100% jadi kadang bikin ilfil juga 😀

    Yang paling pas memang ada kekurangan disamping kelebihannya, jadi lebih terasa manusiawi.

  4. aku setujuuu….dan salah satu yg jago banget menggambarkan karakter yang likable tapi nggak flawless adalah JK Rowling dengan Harpot nya. Hampir semua karakter di serial itu punya kelemahan dan kelebihannya sendiri2, termasuk Harry si pahlawan yang tetep aja nggak sempurna 🙂

Thank you for not comment out of topic

