2014 Awal Bersama BBI

2014 adalah tahun yang paling saya syukuri terutama dalam hal buku 😀 . Bagaimana tidak, tanggal 18 Agustus 2014 adalah tanggal bersejarah karena saya resmi menjadi bagian dari komunitas Blog Buku Indonesia. Seperti yang pernah saya ceritakan di sini, keberanian saya membuat blog khusus buku tak lepas dari berbagai ketakutan. Emangnya saya bisa meresensi buku? Bagaimana kalau saya nggak bisa istiqomah? Tapi bermodal Bismillah dan mau mencoba, Alhamdulillah saya bisa istiqomah one month min.one post. Ya meskipun untuk konten resensinya sendiri masih banyak lubang di sana-sini.

Tahun ini juga jadi awal saya ketiban banyak buku. Mulai dari ikutan kuis/lomba, dapat tawaran resensi dari penulis/penerbit. Gara-gara ini pula timbunan saya tak terkendali 😀 Terkadang saya harus memprioritaskan si pemberi buku. Malah kadang memang diberi deadline untuk meresensi. Itu sebabnya buku-buku yang saya beli justru saya baca belakangan. Tapi sebab resensi juga, kemampuan membaca buku saya jadi lebih meningkat. Bisa dibilang, sangat amat jarang sebelumnya saya bisa baca buku cepat. Akhirnya deadlinelah yang membuat pengaruh peningkatan itu. Malah sekarang, saya memasang target sendiri kapan harus selesai dibaca. Kalo bisa sih harusnya seminggu deadline paling lama. Soalnya godaan gadget dan media sosial itu yang kadang belum bisa ditahan ~_~. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih ningkat lagi dan menjauhi godaan sekuat mungkin.

Berhubung saya anggota baru, jadi saya masih harus menyesuaikan diri di BBI. Kalau lagi senggang saya suka blogwalking ke anggota-anggota lain, dan kagum sendiri melihat mereka yang bacaannya bikin saya merinding hehe. Lebih banyak buku luar/terjemahan. Sampai saya beranggapan, apakah kalau anggota BBI memang sama semua seleranya? Tapi enggaklah ya. Tetep ada kok buku-buku lokal. Belum lagi, keistiqomahan mereka untuk meresensi buku. Malah, saya salut dengan salah satu anggota BBI, Mbak Luckty. Beliau sepertinya tidak ketinggalan meresensi setiap buku yang dibaca. Tadi saya sempat mampir, daftar bacaannya di 2014 mencapai ratusan buku dan itu semua diresensi! MasyaAllah. Saya jadi pengen ngikutin jejaknya. Hitung-hitung supaya blog saya juga meningkat, makin banyak yang mampir dan komentar trus donasinya bertambah deh *eh. InsyaAllah 😀

Saya juga masih menyesuaikan dengan semua event BBI. Salah satunya posting bareng tahun 2015, masih agak-agak samar sih gimana cara permainannya. Tapi mudah-mudahan bisa ikut nimbrung ya 😀

Nah ini harapan saya di 2015:

  • Baca min. 50 buku (sekaligus menyelesaikan Goodreads Reading Challenge)
  • Resensi setiap buku yang dibaca.
  • Istiqomah one month min. one post.
  • Sering-sering blogwalking ke anggota BBI lainnya supaya dapet inspirasi plus dikunjungin balik gitu dan ikut event-event BBI.
  • Semakin banyak buntelan gratis *eeh abaikan*
  • Meningkatkan konten resensi.

Untuk poin yang terakhir saya terinspirasi dari salah satu teman Facebook. Bukan anggota BBI sih, tapi setiap kali beliau memposting resensi buku di blognya, selalu saja detail. Sampai kekurangan yang mungkin luput dari banyak orang, dia catat. Belum lagi beliau selalu memberi pengetahuan di luar buku namun yang masih berkaitan dengan konten buku. Hmm, mudah-mudahan saja usul saya supaya beliau bikin blog buku dikabulkan hehe. Saya yakin, pasti bakal mampir terus ke blog bukunya 😀

Oh ya, saya juga mau terima kasih banget untuk para pendiri BBI. Ah, niat kalian yang sederhana, membawa kami para anggota semakin mencintai buku. Dan kalian telah mempertemukan kami dalam kecintaan dan passion yang sama. Semoga anggota BBI terus bertambah agar BBI bisa menularkan minat baca ke banyak orang dan kamu yang sudah jadi anggota BBI semoga tetap istiqomah dan nggak pernah bosen ya 😀

Salam cinta untuk BBI 🙂

10 thoughts on “2014 Awal Bersama BBI

  1. Aku juga sering ngintip pegiat BBI, keren & jealous deh sama mereka. Aku suka buku, tapi belum berani bikin blog khusus buku. Habisnya belum disiplin bikin review. Kalau ngereview sukanya malah curhat baca buku :D. Terus keliatannya challenge-nya banyak banget… *Tapi kalau dikasih buntelan, aku juga tergiur…

Thank you for not comment out of topic

