[Master Post] Project 2015: Donate for Comments

banner 2 (1)

Dulu saya punya motto dalam menulis di blog, “Saya nggak peduli mau ada yang komentar atau tidak. Yang penting saya menulis.”. Tapi semakin mengenal blog, saya malah menyadari bahwa komentar pengunjung juga penting. Iya ya, lucu kalau misalkan kita menulis di media umum tapi nggak ada yang baca. Apalagi buat saya yang niatnya memang untuk belajar nulis. Kalau tidak ada komentar, dari mana saya bisa tahu bahwa tulisan saya dimengerti atau tidak? Dari mana saya tahu tulisan saya bisa dikatakan ‘benar’ atau tidak? Sekaligus kita bisa tahu apakah blog kita ada yang baca atau nggak hehe atau sekiranya bermanfaat atau tidak. Kalau tidak mau dikomentar ya lebih baik kunci saja blognya atau tulis di diary :p

Nah berbicara komentar dan berhubung Delina’s Book tergolong baru, maka saya akan memberi hadiah bagi pengunjung yang mau berkomentar di setiap postingan saya dalam jangka waktu satu tahun. Tepatnya 01 Januari-31 Desember 2015. Bukan dalam bentuk barang apalagi uang, tapi dalam bentuk pahala kebaikan kalian. Saya tidak memaksa, tapi jika kalian berkomentar, akan saya hadiahkan Rp 500,- untuk satu komentar. Termasuk balasan/komentar saya sendiri kecuali komentar spam. Saya belum tahu nantinya akan didonasikan kemana, tapi yang jelas pasti akan saya salurkan. Entah itu ke lembaga atau mungkin bagi mereka yang membutuhkan.

Saya berterima kasih juga pada Mbak Oky yang punya ide sesederhana ini. Memanfaatkan blog untuk kebaikan. Mungkin jarang terpikir oleh kita atau bahkan saya sendiri. Komentar jadi uang, kenapa tidak? Kalaupun misalkan kita bikin satu komentar jadi tabungan kita, apa kita nggak untung tuh 😀 Nah bedanya, yang ini setiap komentar akan didonasikan pada yang membutuhkan. Jadi double deh untungnya. Membantu orang plus dapat tabungan pahala juga 🙂

Kalian tertarik dengan project ini? Bisa dibaca peraturannya di bawah berikut:

  • Target nominal bebas, silakan kamu tentukan sendiri seikhlasnya. Boleh Rp500, Rp1000, maupun Rp10.000 /per komentar. Saya menargetkan Rp500 untuk setiap komentar yang masuk di blog post tahun 2015 ini, termasuk reply dari saya pribadi.
  • Komentar yang dihitung hanya dari entri post tahun 2015, yaitu post tanggal 1 Januari 2015 s.d. 31 Desember 2015.
  • Seluruh komentar dalam entri post apapun selama tahun 2015 akan dihitung. Komentar SPAM tidak dihitung.
  • Buat Master Post, let everybody know your good intention. Lalu pasang banner Donate for Comments di sidebar blog kamu, link-kan ke Master Post kamu. Agar pengunjung blogmu aware dengan proyek ini
  • Buat Wrap Up post yang berisi laporan seberapa banyak jumlah komentar dan dana yang berhasil dihimpun. Lalu laporkan juga untuk apa dan kemana dana tersebut kalian sumbangkan
  • Collected Donation. Apabila teman-teman tertarik, mari bergabung dengan saya dan bersama-sama kita menyumbangkan donasi kita untuk satu atau dua badan amal tertenu. Feel free to contact me.
  • Daftarkan blog kalian (kalau bisa, taruh link Master Post) via linky di blog Mbak Oky. Mari kita saling berkunjung dan meninggalkan sebanyak mungkin komentar.

Insya Allah 2015 saya akan lebih banyak posting resensi (salah satu resolusi saya) dan mudah-mudahan bisa sekedar update juga biar nominalnya terkumpul banyak 😀

Semoga langkah kecil ini dan kebaikan kalian nantinya diridhoi dan diberkahi Allah SWT 🙂 Berapapun nominalnya, Insya Allah jika ikhlas akan tetap bernilai 🙂

Oke, kalau ada pertanyaan lebih lanjut, bisa kunjungi blognya Mbak Oky ya 🙂

3 thoughts on “[Master Post] Project 2015: Donate for Comments

Thank you for not comment out of topic

