Hobi Pinjam Buku? Baca Ini Dulu

Punya hobi ke perpustakaan? Atau hobi pinjam buku? Atau pernah nyolong buku? *eeeh* kayaknya yang terakhir sih enggak lah ya. Tapi saya masih saja heran. Dari zaman saya sekolah dulu, setiap perpustakaan atau ada sumbangan buku dari sekolah, nyaris selalu ada kasus kehilangan buku. Entah karena si peminjam lupa mengembalikan atau seperti apa. Syukur kalau memang ‘dicolong’ untuk mengambil ilmunya. Nah kalau yang lain? Hmm. Sepengamat saya dan memang dari hasil berbagai penelitian, di negara tercinta kita ini minat baca masih sangat kurang. Terlebih sejak gadget semakin membooming, makin tersingkirkan deh tu si buku.

Lalu apa alasannya kalau memang minat baca masih kurang, buku di perpustakaan sering hilang? Ini yang membuat saya geram. Sebagai pecinta buku *ceileeh*, saya jengkel setiap kali ada mengabaikan atau menggeletakkan buku begitu saja. Terlepas dari dia butuh atau tidak, paling tidak jangan menaruh buku sembarangan kek. Hei itu buku, jendela duniamu! 

Mungkin ini yang membuat saya (agak) sedikit pelit untuk masalah meminjamkan buku. Meskipun itu meminjam ke teman. Parahnya, justru karena teman itu, akhirnya semacam jadi ‘meremehkan’. “Ah, ntar aja balikkinnya. Sama temen ini.” Nah yang begini ini yang terkadang bikin – aduh gue males minjemin buku lagi! Emang sih, kita nggak boleh pelit apalagi dalam hal ilmu, tapi mbok ya yang minjem juga harus ada hati 🙂 Nggak masalah kalau memang buku itu benar-benar dibaca, atau si peminjam tipe yang ‘agak lama’ dalam membaca. Tapi kalau buku itu dipinjam hanya sekilas lalu diabaikan? Buat apa? Ya mending dibalikkin toh 🙂

Itu baru lama mengembalikan, lebih geram lagi kalau buku yang dipinjamkan tidak dirawat dengan baik bahkan bisa sampai rusak/cacat. Haduuh makin grrrr rasanya kalau sampe saya tahu hehe. Bisa tanya temen-temen saya, kalau meminjamkan buku, saya adalah tipe yang bawel. Nggak boleh kena minyak ya. Pokoknya nggak boleh kena air. Jangan sampe lecek, apalagi keriting! Paling lama, sebulan ya! *tetep*. Yaph. Buku-buku di rumah saya, saya tata rapi. Kalau baca pun seringnya saya tidak sambil makan. Setiap habis cuci tangan pasti saya lap dulu. Supaya buku tidak basah. Nah, kalo yang punya aja ngerawat segitunya, apalagi yang meminjam hehe.

Saya sendiri bagaimana? Bisa dibilang saya tipe yang malas meminjam. Bukan apa. Buat saya rasa tidak puasnya besar. Serasa punya hutang. Baca pengennya cepet-cepet. Pengennya buru-buru dibalikkin biar nggak nanggung ‘beban’. Terlepas sebenarnya yang meminjam orangnya santai saja. Makanya, saya lebih hobi beli buku sendiri 😀 Lebih puas. Kapanpun saya butuh, buku itu selalu ada.

Nah buat yang tetep hobi meminjam buku, sebaiknya buku itu dirawat dengan baik dan dikembalikan tepat waktu. Kasihan yang punya, bisa saja dia lagi butuh buku itu 🙂 Dan biasanya, si peminjam tidak enak hati untuk menanyakan bagaimana kabar bukunya. Hmm *gue banget*. Ya inisiatif aja lah yaa 😀

4 thoughts on “Hobi Pinjam Buku? Baca Ini Dulu

  1. Kalau aku mau minjemin buku, liat2 orgnya dulu. Kalau dia suka baca ya dipinjemin, kalau nggak suka mending ga usah aja. Drpd berbulan2 ga dibalikin? *gue pernah soalnya 😦

  2. Saya juga punya koleksi buku.. kadang juga dipinjem gitu. Eh tapi kok ya masiiiih ada yang gak tanggung jawab. Gak cuma sebel, sakit ati juga.

Thank you for not comment out of topic

